MotoGP Rossi: Tes Ducati Dulu, Baru Operasi

Valentino Rossi memastikan, dia akan lebih dulu melakukan debutnya bersama Ducati saat tes seusai GP Valencia pada 9-10 November sebelum naik meja operasi. “The Doctor” ingin segera memulihkan cedera bahu yang menghantamnya akibat kecelakaan latihan motokros bulan April lalu demi persiapan menghadapi MotoGP musim 2011.

Foto : Seperti ini mungkin jika Rossi naik Ducati (gambar hasil rekayasa)

Memang, cedera bahu tersebut sangat mengganggu performa Rossi. Inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab pebalap berusia 31 tahun tersebut tampil tidak konsisten. Hal itu turut didukung cedera patah tulang kering kaki kanan akibat kecelakaan saat latihan di Mugello, Italia, bulan Juni lalu. Cedera patah kaki ini membuat Rossi absen di tiga seri.

Di samping bisa menyelesaikan dua seri terakhir nanti, Rossi juga memastikan akan melakukan debutnya bersama Ducati pada uji coba seusai GP Valencia, 7 November. Juara dunia tujuh kali kelas premier tersebut tak ingin membuang kesempatan yang akhirnya datang juga, setelah sempat mendapat hambatan dari Yamaha.

Ya, sebenarnya Rossi masih terikat kontrak dengan tim Fiat Yamaha sampai akhir tahun 2010. Namun, karena kalender MotoGP akan selesai setelah balapan di Valencia, Rossi meminta tim Yamaha mengizinkannya melakukan tes Ducati, mengingat adanya kebijakan pembatasan uji coba demi efisiensi biaya. Latihan pra-musim 2011 secara resmi baru akan dilakukan pada awal Februari di Sepang, Malaysia.

Meskipun sempat menimbulkan kontroversi karena Yamaha bersikeras untuk tetap “mengikatnya”, Rossi akhirnya “dilepas”. Jelang GP Australia dua pekan lalu, Yamaha mengumumkan bahwa mereka rela membiarkan pebalap Italia tersebut menunggang Ducati di Valencia.

Baca Juga :  Chelsea Puncaki Klasemen Usai Bantai WBA 6-0

“Aku ingin berterima kasih kepada Yamaha atas kerelaannya mengizinkanku melakukan debut dengan Ducati di Valencia. Sekarang kami berharap agar cuacanya bagus!” ujar Rossi.

“Segera setelah tes, aku akan kembali ke Italia untuk melakukan operasi cedera bahu.”

Saat ini, Rossi berada di peringkat keempat pada klasemen sementara dan dipastikan tidak bisa mempertahankan gelar. Pasalnya, juara MotoGP 2010 sudah jatuh ke pundak rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Walau begitu, peraih sembilan gelar grand prix ini cukup yakin dalam menghadapi balapan di Sirkuit Estoril pada akhir pekan nanti. Adalah hasil positif pada tiga seri terakhir yang membuatnya percaya diri karena dia selalu naik podium, termasuk ketika jadi juara di Sepang. Itu merupakan kemenangan kedua sepanjang musim 2010 setelah menjadi juara pada seri pembuka di Losail, Qatar.

“Tiga balapan terakhir tidak terlalu buruk bagiku,” ungkap pebalap Fiat Yamaha ini. “Kami membuat hasil yang bagus: balapan yang bagus dan selalu naik podium. Kami harus mencoba untuk mengakhiri musim ini dengan berada di atas pada dua seri pamungkas.”

“Ini (Estoril) merupakan trek sulit; seperti sebuah jalan, tetapi juga sangat menarik karena banyak naik dan turun, serta tikungan yang sulit, dari sempit ke cepat.”

sUMBER : kompas.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Ke Jakarta, Ribuan Aremania Di-'Sweeping'

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*