24 Oktober, 74 Penderita Katarak Dioperasi Gratis

PADANGBOLAK-Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Sumut, Senin (24/10) akan mengadakan operasi katarak gratis kepada 75 penderita di Kabupaten Paluta, tepatnya di RSUD Gunung Tua di Desa Aek Haruaya.

PERIKSA: Petugas kesehatan sedang memeriksa seorang ibu, apakah menderita katarak atau tidak.

“Operasi katarak gratis ini merupakan kegiatan sosial yang dilaksanakan atas kerja sama BKMM dengan Dinkes Paluta,” Kata Plt Kadis Kesehatan Paluta, H Darwin Harahap, melalui Kabid Yankes dr Irwan, kepada METRO, Selasa (11/10).
Diutarakannya, sebelum pelaksanaan operasi katarak, panitia telah mengegl;ar screening untuk menjaring calon pasien katarak dan gangguan pendengaran. Tujuannya, untuk membantu masyarakat penderita katarak agar dapat pulih kembali sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan produktifitas dan dapat mengikuti operasi katarak ini.
“Kegiatan operasi katarak ini  merupakan agenda rutin Dinkes Paluta bekerjasama dengan instansi terkait seperti BKMM di  Sumut,” ungkap Irwan.

Setelah dilakukan, screening, lanjutnya, terjaring 74 penderita katarak dan gangguan pendengaran.
“Peserta berjumlah 125 orang berasal dari seluruh puskesmas di Paluta. Dari pemeriksaan dan hasil seleksi, terjaring 74 pasien penderita katarak dan gangguan pendengaran yang akan mendapat operasi gratis,” pungkasnya.

Dinkes Paluta berharap, dengan adanya kegiatan ini sedini mungkin masyarakat maupun penderita katarak mengetahui diagnosis, agar cepat diterapi dan mencegah meluasnya penyakit. “Kami harap, informasi operasi katrak gratis ubu disampaikan kepada masyarakat luas,” harap Irwan. (thg/mer)

metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Mourinho Santai Menanggapi Percobaan Pembunuhan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*