Harga Karet Di Paluta Capai Rp18 Ribu per Kg

Harga karet di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mencapai Rp18 ribu per kilogram (kg) sejak beberapa pekan terakhir. Sebelumnya, harga karet masih bertahan di kisaran Rp12 ribu per kg. Kenaikan harga ini memecut semangat warga untuk menanam karet.

“Para petani karet mulai bersemangat. Sebab, harga karet mencapai Rp18 ribu per kg,” kata salah seorang warga, M Harahap (45), kepada METRO, Senin (10/1).

Dengan kenaikan harga karet tersebut, lanjutnya, warga lainnya yang memiliki lahan kosong mulai berkebun karet.
“Masyarakat Paluta hanya mengandalkan karet-karet yang ditanam tanpa pola tanam. Namun, beberapa tahun terakhir, masyarakat mulai menanam karet dengan teratur dan pola tanam yang baik dan rapi,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan petani karet lainnny, M Pane. Menurut Pane, lahan kosong miliknya banyak ditanami pohon karet, sejak harga getah karet melambung tinggi.

“Saya mulai bersemangat berkebun karet, apalagi sejak naiknya harga karet hingga mencapai Rp 18 ribu per kg, ” tukasnya. (thg) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*