274 Calhaj P. Sidimpuan Ikuti Manasik Haji Akbar

Padangsidimpuan, Sebanyak 274 calon haji (calhaj) mengikuti manasik haji di pelataran Masjid Agung Al-Abror Kota Padangsidimpuan, Kamis (21/8).

Walikota P. Sidimpuan Andar Amin Harahap mengatakan, pada hakikatnya manasik untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan wawasan para calhaj, sehingga apa yang menjadi kewajiban serta rukun dalam ibadah haji dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Maka dari itu, kami mengharapkan para Calhaj agar pelaksanaan manasik akbar ini dilakukan sungguh-sungguh dan rajin membaca dan mempelajari seluruh materi yang didapat dalam manasik haji, sehingga pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya berjalan dengan sempurna sesuai dengan harapan kita bersama serta mencapai predikat haji dan hajjah yang mabrur,”ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) P. Sidimpuan diwakili Sekretaris Kemenag Kota P.Sidimpuan Lukman Hakim mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan banyak pihak.

Oleh karena itu diperlukan kerjasama yang erat, koordinasi yang dekat, penanganan yang cermat dan dukungan sumber daya manusia yang handal dan amanah.

“Dengan demikian tugas pelayanan penyelenggaraan ibadah haji bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah melalui Kementerian Agama, melainkan di dalamnya diperlukan kerjasama lintas sektoral, partisipasi masyarakat dan dunia usaha dalam penyelenggaraan ibadah haji,” katanya

Dijelaskan, substansi dari penyelenggaraan ibadah haji adalah memberikan pelayanan, pembinaan, perlindungan kepada jemaah haji dalam rangka penyelenggaraan ibadah haji ke arah yang lebih baik, maka Pemko P.Sidimpuan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota P.Sidimpuan memandang perlu melaksanakan kegiatan yang berorientasi kepada manasik haji sebagai bekal kepada para calhaj yang akan berangkat tahun 2014 ini

Baca Juga :  Saham PT Liga Indonesia Akan Jadi Milik Klub

“Kegiatan ini bertujuan memberikan praktik, bimbingan dan arahan kepada seluruh calhaj sebagai bekal mereka dalam melaksanakan ibadah haji ke tanah suci,” tuturnya.

Peserta, lanjutnya, seluruh calhaj Kota P.Sidimpuan dengan jumlah 274 orang dengan rincian laki-laki 100 orang dan jamaah perempuan 174 orang ditambah dengan petugas yang menyertai Calhaj sebanyak 6 orang.

Terpisah, Kakan Kemenag Kota P.Sidimpuan Efri Hamdan mengakui hingga Kamis (21/8) kloter dan jadawal keberangkatan Calon Jamaah Haji ke tanah suci Mekah belum diketahui pasti.      Hal itu karena masih menunggu penyusunan Manifest dan Qur’ah kloter.

“Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2014, sementara untuk masuk Asrama Haji Kloter  pertama  tanggal 1 September 2014,” sebutnya.

Acara ditandai pelepasan peserta manasik haji akbar  se-Kota P.Sidimpuan Tahun 2014 yang diiringi pembacaan talbiah oleh  Ali Marwan Marbun dan Marliana Dlimunthe.

Hadir dalama acara itu, Wakil Walikota Muhamamd Isnandar Nasution, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Wakil Ketua Sementara DPRD Edy Jurianto Harahap, Sekdakota Zulfeddi Simamora dan Ketua MUI Zulfan Efendi Hasibuan. (hih)

/(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*