29 April 2010 Pilkada Tapanuli Selatan

TAPSEL-METRO (14 Oktober 2009); Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Selatan menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada di kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Ongku P Hasibuan ini, pada Kamis (29/4) tahun depan. Dan jika terjadi dua putaran, maka pelaksanaan Pilkada bakal digelar kembali Rabu (23/6).

Hal ini ditegaskan anggota KPU Tapsel divisi sosialisasi dan teknik penyelenggara pemilu, Ir Potan Edi Siregar, bersama Sekretaris KPU Tapsel, M Yunus Daulay kepada METRO, Senin (12/10) lalu.

Keduanya mengatakan, KPU Kabupaten Tapsel menerbitkan keputusan Nomor 88 tahun 2009 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Waktu Penyelenggaraan Pemilu KDH dan Wakil KDH Kabupaten Tapsel 2010 yang merupakan hasil rapat pleno anggota KPU tanggal 6 Oktober 2009 lalu.

Di mana tahapan pencalonan, untuk penyerahan bukti dukungan balon perseorangan atau independent ke KPU diumumkan tanggal 2 sampai 4 Oktober. Dan dari tanggal 3 hingga 10 Februari 2010, PPS, PPK dan KPU akan melakukan verifikasi berkas dukungan calon perseorangan termasuk verifikasi perbaikan dukungancalon perseorangan.
“Selanjutnya, tanggal 11 sampai 13 Februari 2010, KPU akan mengumumkan pengumuman pendaftaran balon KDH dan Wakil KDH baik untuk usungan partai politik (parpol) maupun perseorangan. Dan 14 sampai 21 Februari adalah masa pengambilan formulir dan pendaftaran balon KDH dan Wakil KDH baik usungan parpol dan gabungan parpol maupun perseorangan, sekaligus pendaftaran tim kampanye dan penyerahan rekening khusus dana kampanye,” terang keduanya.
Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan balon KDH dan Wakil KDH yang mendaftar, terang keduanya lagi, tanggal 15 sampai 22 Februari, penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan pasangan balon KDH dan Wakil KDH tanggal 16 sampai 22 Februari. Kemudian, untuk penelitian adminsitrasi syarat pengajuan pasangan balon KDH dan Wakil KDH tanggal 15 sampai 22 Februari, penyampaian atau pemberitahuan hasil penelitian tanggal 17 sampai 22 Februari, perbaikan kelengkapan atau syarat pasangan balon KDH dan Wakil KDH tanggal 18 sampai 26 Februari.

Baca Juga :  AMMPERA : BUPATI DIMINTA BERHENTIKAN Plt. SETDAKAB PADANG LAWAS

“Penetapan dan pengumuman pasangan calon KDH dan Wakil KDH yang memenuhi persyaratan serta pengundian nomor urut pasangan calon KDH dan Wakil KDH tanggal 25 Februari sampai 4 Maret 2010,” terang mereka.

Kemudian, untuk penyampaian visi-misi dan program pasangan calon KDH dan Wakil KDH dalam rapat paripurna DPRD digelar 12 April 2010, pengumuman sumbangan dana kampanye melalui media massa sebelum kampanye tanggal 12 dan 13 April 2010, masa tenang tanggal 26 sampai 28 April.

Jika terjadi putaran kedua, tutur Potan Edi, kampanye tahap II yaitu penajaman visi, misi dan program kerja digelar tanggal 17 sampai 19 Juni 2010 dan masa tenang tanggal 20 sampai 22 Juni, hari H putaran kedua tanggal 23 Juni, penyampaikan hasil Pemilu Bupati dan Wakil Bupati oleh KPU tanggal 27 sampai 27 Juli 2010.

“Dengan rencana pelantikan dan pengucapan sumpah dan janji Bupati Wakil Bupati terpilih periode 2010-2015 tanggal 12 Agustus 2010 mendatang,” beber Potan Edi mengakhiri. (neo)

Tanggal Tahapan pencalonan Pilkada

2-4 Oktober Penyerahan bukti dukungan

3-10 Oktober Verifikasi berkas dukungan

11-13 Februari Pengumuman pendaftaran

14- 21 Februari Pengambilan formulir dan pendaftaran, sekaligus pendaftaran tim sukses dan penyerahan rekening dana kampanye

15-22 Februari Pemeriksaan kesehatan

16-22 Februari Penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan

15-22 Februari Penelitian administrasi syarat pengajuan pasangan

Baca Juga :  Pemerintah Diminta Penuhi Kebutuhan Blanko e-KTP

17-22 Februari Penyampaian atau pemberitahuan hasil penelitian

18-26 Februari Perbaikan kelengkapan atau syarat pasangan

25 Februari-4 Maret Penetapan dan pengumuman pasangan calon terpilih dan pengundian nomor urut

12 April Penyampaian visi-misi dan program pasangan

12-13 April Pengumuman sumbangan dana kampanye melalui media massa

26-28 April Masa tenang

29 April Pilkada

Bila terjadi 2 putaran

17-19 Juni Penajaman visi, misi dan program kerja

20-22 Juni Masa tenang

23 Juni Pilkada

27 Juli Menyampaikan hasil Pemilu Bupati dan Wakil Bupati oleh KPU

12 Agustus Pelantikan dan pengucapan sumpah dan janji Bupati Wakil Bupati terpilih

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

3 Komentar

  1. jadi maunya hari apa?
    Sabtu? pekan di Sitinjak
    Jumat? Pekan di Batangtoru
    Kamis? sipirok
    Rabu? poken arba
    selasa? batangtoru
    senin? mana lagi?
    minggu? ah paok kali sih kau ini, kau pikir tapsel itu cuma sipirok. pake otak kenapa. malu2in orang tapsel aja kau ini. ini internet bisa dibaca di seluruh dunia.

  2. Kamis ?????
    kamis….hari pekan di Sipirok, kenapa tidak hari lain saja ?
    apakah ini salah satu cara menggembosi suara orang Sipirok ? dimana semua orang di Sipirok berbondong-bondong kepasar untuk pekan mencari nafkah bukannya tidak menghormati kinerja KPU Tapsel tapi ini menyangkut suara rakyat untuk demokrasi yang lebih baik. Memang tidak ada kaitannya Pilkada dengan hari kamis tapi tolong dievaluasi.

    salam ucik sipirok

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*