3 Bulan Tidak Terima Honor – Puluhan Kades di Panyabungan Mengadu ke DPRD

penyabungan kota+Zoom 3 Bulan Tidak Terima Honor Puluhan Kades di Panyabungan Mengadu ke DPRD
KOTA PENYABUNGAN - IBUKOTA KABUPATEN MANDAILING NATAL

MedanBisnis – Panyabungan
Sebanyak 29 kepala desa (kades) se-Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mendatangi DPRD Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (30/12) guna mengadukan nasib mereka, yang sudah tiga bulan terakhir tidak menerima honor. Karena ADD (Alokasi Dana Desa) untuk triwulan keempat di tahun 2009 belum keluar.

Kedatangan 29 Kepala Desa se-Kecamatan Panyabungan Kota tersebut diterima anggota Komisi A DPRD Kabupaten Mandailing Natal, H Abdur Rahman Nasution, Aminah Ismail Lubis, Rahmad Rizky dan H Martua Lubis Lc MA di ruang kerja Komisi A DPRD Kabupaten Mandailing Natal di kompleks perkantoran Payaloting Panyabungan.

Sesuai dengan pengakuan salah seorang Kepala Desa Kecamatan panyabungan Kota yang tidak bersedia namanya dituliskan dalam koran ini mengatakan, bahwa mereka kewalahan untuk melaksanakan tugas sebagai seorang Kepala Desa, karena honor yang tidak seberapa itu belum diterima, akibat tidak terealisasinya dana ADD.

“Bagaimana kami dapat melayani masyarakat dengan baik sedangkan honor yang tidak seberapa besarnya di banding dengan pengabdian yang kami lakukan sebagai pamong di masyarakat, sebagai hak kami, belum kami terima, lagi pula bagaimana kami memerintah aparat desa kami kalau honor mereka tidak bisa saya tutupi,” katanya.

Dikatakannya, ADD yang mereka terima memang tidak seberapa dan kemungkinan masih di bawah UMR (upah minimum regional). Namun sampai saat ini mereka belum menerima honor. “Sebelum dana ADD tidak dapat terealisasi maka kami para Kepala Desa se-Kecamatan Panyabungan akan mogok untuk melayani masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  Bulog Apresiasi Kepala Daerah yang Lunasi Tunggakan Raskin

Sementara Camat Panyabungan Kota Zulhaeri Pulungan SE yang dihubungi MedanBisnis mengatakan, bahwa semua berkas persyaratan pencairan ADD tersebut sudah lengkap dan sudah diserahkan ke kabupaten, namun sampai sekarang ADD tersebut belum terealisasi.

“Kita telah membantu semaksimal mungkin agar ADD tersebut dapat direalisasi secepat mungkin, karena kita kasihan melihat para Kepala Desa tersebut, sudah honor tidak mencukupi namun untuk Triwulan ke empat ini belum terealisasi sehingga honor para kepala desa tersebut tidak dapat diterima mereka,” katanya.

Untuk menanggapi keluhan para kepala desa tersebut Komisi A DPRD Kabupaten Mandailing Natal dipimpin Wakil Ketua H Abdur Rahman Nasution berjanji akan menelusuri hal ini dan akan memanggil instansi terkait untuk menanyakan, kenapa ADD Kecamatan Panyabungan belum juga terealisasi. Padahal itu sudah ada anggarannya.

“Kita dari Komisi A DPRD Kabupaten Mandailing Natal akan memanggil instansi terkait tentang keterlambatan realisasi ADD Kecamatan Kota ini agar sesegera mungkin terealisasi karena para Kepala Desa dan perangkat desa merupakan ujung tombak pemerintah,” katanya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*