3 Kecamatan akan Bertambah di Paluta

PADANGBOLAK-Jumlah sembilan kecamatan di Kabupaten Paluta akan bertambah. Pasalnya, tiga kecamatan yakni Kecamatan Simangambat, Halongonan, dan Padang Bolak akan dimekarkan masing-masing satu kecamatan.

Hal tersebut diungkapkan,  Kabag Tapem Paluta, Riskiyanto SSos kepada METRO, Senin (17/10). Diutarakannya, masing-masing kecamatan yang akan dimekarkan, yakni Kecamatan Simangambat dimekarkan menjadi Kecamatan Ujung Batu, Kecamatan Halongonan dimekarkan menjadi Kecamatan Halongonan Timur dan Kecamatan Padang Bolak dimekarkan menjadi Kecamatan Padang Bolak Tonga.

“Usulan ini  akan disampaikan ke DPRD Paluta dalam bentuk Ranperda untuk ditetapkan sebagai Perda. Jika nantinya disetujui, selanjutnya akan diteruskan ke Pemprovsu dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” ucapnya. Disebutkannya, Kecamatan Padang Bolak Tonga memiliki 16 desa, Kecamatan Ujung Batu memiliki 13 desa dan Kecamatan Halongonan Timur memiliki 14 desa.

“Syarat-syarat pemekaran sudah kita siapkan. Insya Allah dalam bulan ini, wacana ketiga kecamatan baru ini akan rampung,” ungkapnya. Senada juga diungkapkan, Kabag Hukum Burhan Harahap SH. Dia mengaku, akan ada pemekaran kecamatan baru di Paluta. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan memudahkan pelayanan publik dengan ibukota kecamatan.

“Ada tiga kecamatan yang akan dimekarkan tahun ini, pemekaran kecamatan akan memperhatikan berbagai aspek, termasuk pelayanan publik dan kedekatan sarana pelayanan publik dengan tempat tinggal warga,”sebutnya. Pemekaran kecamatan ini, lanjutnya, akan melihat seberapa lokasi pelayanan publik dengan tempat tinggal warga. “Sasaran yang hendak dicapai, adalah untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat dari berbagai kebutuhan itu. Selama ini kendala yang dihadapi baik dalam proses pembangunan maupun urusan administrasi menghambat gerak laju pembangunan. Untuk itu pemekaran tiga kecamatan tersebut menjadi sangat penting demi mengejar ketertinggalan daerah selama ini di wilayah Paluta,” pungkasnya mengairi. (thg/mer)

Baca Juga :  Proyek di Pasar Sipirok Dipertanyakan

metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Pemekaran kecamatan padang bolak tonga oleh pemkab paluta yang baru saja disahkan oleh DPRD paluta dianggab tidak berdasarkan aspirasi masarakat dan disinya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*