30 Dewan Tandatangani Usulan Pergantian Sekwan Palas

Senin, 11 Januari 2010 – www.metrosiantar.com

30 Dewan Tandatangani Usulan Pergantian Sekwan Palas

PALAS-METRO; 30 anggota DPRD Kabupaten Padang Lawas (Palas) telah menandatangani usulan pergantian Sekretaris Dewan (sekwan) Palas, Aritonga Siregar yang sudah disampaikan kepada Bupati Palas, Basyrah Lubis SH tanggal 6 Januari lalu.

Demikian disampaikan Wakil Ketua II DPRD Palas, Ammar Makruf Lubis kepada METRO, Minggu (10/1) kemarin. Ammar menyebutkan, faktor pengusulan pergantian tersebut disebabkan Aritonga Siregar tidak dapat bekerja sama dengan DPRD dan kurang menghargai pimpinan dewan. Ini terbukti dari sikapnya yang tidak pernah membuat pemberitahuan terhadap pimpinan DPRD bila dirinya tidak masuk kantor, dan hal ini sudah sering menghambat tugas-tugas yang diamanatkan terhadap dewan.

“Sebagai sekwan, Aritonga seharusnya dapat mengimplementasikan Peraturan Pemerintah (PP) 41 tahun 2007, Bab IV tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi Perangkat Daerah Kab/Kota. Pada bagian kedua, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada Pasal (11) ayat (5), dalam rangka urusan teknis operasional berada di bawah dan bertanggungjawab terhadap pimpinan DPR, dan secara administratif bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretris Daerah. Sekwan juga tidak dapat menjembatani hubungan eksekutif dengan legislatif, malah dia menambah jarak antara keduanya,” ujar Ammar.

Sementara itu, H Syahwil Nasution yang juga Wakil Ketua I DPRD Palas mengatakan, kinerja Aritonga sebagai sekwan tidak profesional. Hal ini terbukti dari tidak adanya koordinasinya dengan para kepala bidang yang bertugas di sekretariat tersebut.

Baca Juga :  Kenapa Banyak Perempuan Tergila-Gila dengan Atlet Sepak Bola

“Dia bekerja sendiri, tidak dapat memandu kekondusifan bekerja dengan bawahannya. Parahnya lagi, dia tidak memungsikan job description yang seharusnya dilaksanakan oleh para Kabid,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ammar Makruf mengharapkan agar Bupati segera mengajukan nama pengganti Sekwan. Di mana menurut para dewan, dalam Undang-Undang (UU) Nomor 32 tahun 2004 pasal 123 ayat 2 menyebutkan, pengangkatan dan pemberhentian Sekwan harus melalui persetujuan DPRD. Menurut tata aturan yang ada, untuk mendapatkan persetujuan DPRD harus melalui keputusan Rapat Paripurna.

“Jadi, harapan kita bersama di dewan, agar Sekwan diganti oleh Bupati secepatnya demi kelancaran administrasi kinerja dewan, agar terwujud keharmonisan antara legislatif dan eksekutif,” harapnya.

Sekwan: Pemberhentian Saya Harus Secara Administratif

Sementara itu, Sekwan Palas, Aritonga Siregar ketika dikonfirmasi METRO terkait pengusulan pergantiannya sebagai Sekwan yang saat ini sudah ditandatangani 30 dewan mengatakan, dirinya sudah mengetahui perihal desas-desus usulan pergantiannya. Namun dirinya sudah menanyakan kebenaran surat pengusulan pergantian tersebut kepada dewan, tetapi surat tersebut tidak ada.

“Apakah ada sama saudara suratnya. Kalau ada tunjukkan sama saya, karena saya belum pernah melihat surat pengusulan dewan tersebut. Dan pemberhentian saya harus secara administratif serta melalui prosedural, karena yang menandatangani SK saya Gubsu,” sebutnya.

Disinggung terkait pengusulan dewan terhadap dirinya agar diganti sebagai sekwan, Aritonga tetap mempertanyakan di mana suratnya.

Baca Juga :  Jalinsum Sidimpuan Rusak Parah, Arus Mudik Terhambat

“Untuk apa kita mengomentari hal tersebut. Mana surat pengusulannya? Tunjukkan sama saya, ada foto kopinya sama saudara? Saya lagi di Medan ini. Kalau ada sama saudara, hari Rabu kita jumpa untuk membicarakannya,” ujarnya.

Kepala Bagian Umum (Kabag Umum) Sekretariat DPRD Palas, Gustina Ritonga yang memiliki tugas pokok fungsional keluar masuk surat secara administratif di lingkungan Sekretariat DPRD Palas ketika dihubungi METRO melalui SMS terkait apakah benar ada surat keluar ke Bupati Palas untuk pengusulan pergantian Sekwan Aritonga Siregar yang sudah ditandatangani 30 dewan, Gustina belum bersedia menjawabnya, menunggu hari kerja.

“Assalamualaikum Pak? Hari kerja kita bicarakan,” ujar Gustina singkat dalam jawaban SMS-nya. (amr)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*