303 Desa di Palas Ikuti Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan

Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Desa di MDA Islamiyah Sibual-sibuali, sedang berlangsung (Photo Edi Tasosa)

SIBUHUAN – Sebanyak 1.224 orang dari utusan masing-masing desa yang tergabung dari 303 desa di Padang Lawas, mengikuti Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Desa di MDA Islamiyah Sibual-buali, Desa Sibuhuan Julu, Kecamatan Barumun

Sosialisasi yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapenmas dan Pemdes) Padang Lawas tersebut berlangsung selama dua hari dari tanggal 19 hingga 20 Desember 2014 dengan tiga rayon, yakni Rayon I tergabung sebanyak 101 Desa dari lima Kecamatan, rayon II sebanyak 104 Desa dari 4 Kecamatan dan rayon III sebanyak 98 Desa dari 3 Kecamatan.

“Peserta diikuti perwakilan masing-masing empat orang per desa, yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa (Sekdes), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Kepala Urusan (Kaur) Desa serta satu orang Pendamping dari masing-masing Kecamatan,” ujar Kabid Pemdes Bapenmas dan Pemdes Palas. Sainal Nasution

Dari laporan Kepala Badan Penmas dan Pemdes Palas Muas Daulay melalui sekretaris As`ad Nasution sebagai ketua pelaksana kegiatan menyebutkan, tujuan dilaksanakanya Bintek ini adalah untuk memberikan Sosialisasi terhadap UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, Sosialisasi PP No. 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksana Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, serta PP No. 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBD. Disamping itu juga untuk memberikan pemahaman mengenai implikasi dan tanggung jawab pemerintah daerah dan khususnya Kecamatan akan penerapan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Baca Juga :  Semua Kas Pemda Disimpan di Bank Sumut

Lanjut As`ad, pada acara ini diberikan panduan dalam menyusun prioritas program dan kegiatan di desa dalam pemanfaatan dana desa, memberikan pemahaman dan ketrampilan dalam penyusunan dokumen perencanaan desa, yang meliputi RPJMDesa dan RKP Desa, serta untuk memberikan pemahaman dan ketrampilan dalam penyusunan APB Desa.

Acara berlangsung dengan tertib, dimana semua peserta dapat mengikuti sampai dengan selesai dengan dibimbing oleh lima orang narasumber dari Penmas dan Pemdes Provinsi Sumatera Utara yakni, Edita Siburian, Effendi Siregar, Berliana Simatupang, Tomson Manapar Purba dan Endra Raja Taufiq Lubis

Acara Bintek dibuka oleh Wakil Bupati Padang Lawas drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht. Dalam paparannya, Wabup menekankan pada pentingnya peningkatan kapasitas aparatur kecamatan dalam mengawal pelaksanaan UU Desa. Dimana Camat disebutkan secara jelas memiliki fungsi pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintah desa.

Selain 1.224 peserta dari perangkat desa, turut hadir para Kepala SKPD, para Camat, Unsur Muspida serta undangan.

/Edi – AKS/email

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*