338 Pelajar SMA Ikuti Try Out yang digelar Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan Padangsidimpuan Padang (Imatapselpasid Padang)

Senin, 08 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

ujian 338 Pelajar SMA Ikuti Try Out yang digelar Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan Padangsidimpuan Padang (Imatapselpasid Padang)SIDIMPUAN-METRO; Sebanyak 338 siswa SMA-sederajat dari 11 sekolah di Kota Psp dan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menjajal kemampuannya sebagai bahan latihan menghadapi Ujian Nasional (UN) Maret 2010 mendatang melalui try out yang digelar Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan Padangsidimpuan Padang (Imatapselpasid Padang) bersama sejumlah sekolah dan Ganesha Operation Padang, Minggu (7/2).

Koordinator pelaksana try out, Yunan Helmi dari Fakultas Pertanian dan Ummul Fadila Lubis dari FMIPA Universitas Andalas (Unand) Padang mengatakan, try out digelar sehari dengan jumlah peserta 338 siswa dari SMAN 1 Psp, SMAN 2 Psp, SMAN 3 Psp, SMAN 4 Psp, SMAN 5 Psp, SMAN 6 Psp, SMAN 7 Psp, SMAN 8 Psp, MAN 1, SMA Nurul Ilmi Psp dan Pesantren Baharuddin di Muaratais, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel.

Kegiatan dilaksanakan di 3 lokasi yakni 150 siswa di SMAN 1, 78 siswa di SMAN 8 dan 110 di Pesantren Baharuddin.

Para siswa diawasi 20 mahasiswa asal Tabagsel yang kuliah di Padang, dalam try out untuk jurusan IPA ada 120 soal dengan rincian bidang study Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia dan Biologi masing-masing 20 soal. Sama juga jurusan IPS dengan bidang study Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi masing-masing 20 soal, dengan waktu selama 240 menit atau 2 menit per soal. “Hasilnya akan di umumkan minggu ke depan,” ungkap keduanya.

Disampaikannya, tujuan pelaksanaan try out merupakan sumbangsih putra daerah yang sedang mengikuti kuliah di luar daerah. Kemudian untuk mengasah pikiran para siswa menjelang UN, untuk mengetahui kemampuan sehingga kelemahan yang ada bisa dibenahi sebelum UN tiba dan membiasakan diri untuk mengisi lembar jawaban komputer dengan baik.

Sebelum try out digelar, pihaknya juga sudah melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah baik di Psp dan sejumlah sekolah di Tapsel termasuk Pesantren Baharuddin dan SMAN 1 Batang Angkola tanggal 26 Januari sampai 1 Februari lalu.

Tujuannya selain menyampaikan tentang try out, juga sosialisasi tentang PTN, kiat masuk PTN, apa itu mahasiswa, tugas mahasiswa, bagaimana kehidupan di kampus dan sebagainya. “Kita berharap hasil UN tahun ini bisa baik. Dan siswa-siswi yang lulus UN bisa melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi,” pungkas mereka mengakhiri.

Selain siswa SMA, 386 siswa SMPN 1 Psp juga mengikuti try out. “Kesalahan dan kelambatan dalam pengisian biodata siswa sewaktu mengikuti ujian nasional (UN) sering menjadi faktor terbesar siswa tidak lulus,” kata Kepala Sekolah SMPN 1 Padangsidimpuan (Psp) Samsu Rijal SPd ketika membuka try out bagi siswa, Minggu (7/2).

Dikatakannya, pihaknya terus memberikan motivasi bagi para siswa kelas 3 yang akan melaksanakan UN 29 Maret mendatang seperti melaksanakan kegiatan try out. Di samping itu, pihaknya telah memberikan tambahan belajar bagi para siswa selama 2 jam pelajaran per hari kecuali Jumat yang telah di mulai sejak 18 Januari.

Tujuannya, agar para siswa terus mengasah kemampuan pengetahuan sehingga target agar tingkat kelulusan seratus persen bisa tercapai sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya.

Dalam pelaksanaan try out diikuti seluruh siswa kelas 3 dari 10 lokal yang ada yang berjumlah 386 siswa dan memfokuskan agar para siswa lebih efisien dan efektif dalam pengisian biodata. Karena dari pengalaman yang lewat-lewat, siswa sering salah dalam hal ini sehingga bisa menyebabkan siswa tidak lulus.

Ketua Panitia try out SMPN 1 Drs Aswan Batubara menerangkan, pelaksanaan kegiatan sepenuhnya inisiatif dari para orang tua murid bekerjasama dengan pihak sekolah sendiri.

“Try out atas inisiatif dari para orangtua, akan tetapi dalam pengadaan soal bekerjasama dengan BIMA. Sedangkan untuk petugas dalam pelaksanaan kali ini kita di bantu mahasiswa PPL dan para guru,” terang Aswan.

Sementara Ketua Komite Sekolah, H Darmansyah yang juga hadir dalam pelaksanaan UN mengatakan pihak komite sepenuhnya mendukung upaya sekolah dalam pelaksanaan try out.(mag-01)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google 338 Pelajar SMA Ikuti Try Out yang digelar Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan Padangsidimpuan Padang (Imatapselpasid Padang)facebook 338 Pelajar SMA Ikuti Try Out yang digelar Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan Padangsidimpuan Padang (Imatapselpasid Padang)twitter 338 Pelajar SMA Ikuti Try Out yang digelar Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan Padangsidimpuan Padang (Imatapselpasid Padang)linkedin 338 Pelajar SMA Ikuti Try Out yang digelar Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan Padangsidimpuan Padang (Imatapselpasid Padang)email 338 Pelajar SMA Ikuti Try Out yang digelar Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan Padangsidimpuan Padang (Imatapselpasid Padang)print 338 Pelajar SMA Ikuti Try Out yang digelar Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan Padangsidimpuan Padang (Imatapselpasid Padang)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*