4 Calon Kepala Desa Berstatus Incumbent Tumbang Di Kecamatan Aek Nabara Barumun

Ucapan Selamat Atas Kemenangan PILKADES Roesmin Daulay oleh warga setelah selesai penghitungan suara, Senin 19 Desember 2016.
Ucapan Selamat Atas Kemenangan PILKADES Roesmin Daulay oleh warga setelah selesai penghitungan suara, Senin 19 Desember 2016.
Ucapan Selamat Atas Kemenangan PILKADES Roesmin Daulay oleh warga setelah selesai penghitungan suara, Senin 19 Desember 2016.

Apakabarsidimpuan.com, PALAS – Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) yang serentak dilaksanakan pada hari senin, 19 Desember 2016 di Kabupaten Padang Lawas. Di Kecamatan Aek Nabara Barumun terdiri atas 7 desa yang ikut Pilkades, yaitu : Desa Hadungdung Pintu Padang, Desa Aek Nabara Julu, Desa Tanjung, Desa Sayur Mahincat, Desa Aek Bonban, Desa Sipagabu, dan Desa Tanjung Rokan.

Hasil Pilkades sementara dari ketujuh desa tersebut adalah Desa Tanjung Rokan dimenangkan oleh Abdul Haris Tanjung, Desa Hadungdung Pintu Padang dimenangkan oleh Roesmin Daulay, Desa Tanjung dimenangkan oleh Sahrul Hakim Lubis, Desa Aek Bonban dimenangkan oleh Bangkit Siregar, Desa Sipagabu dimenangkan oleh Abdul Rahmat Lubis, Desa Aek Nabara Julu dimenangkan oleh Jalaluddin Hasibuan, dan Desa Sayur Mahincat dimenangkan oleh Adam Harahap.

Ada 4 calon kepala desa yang berstatus incumbent tumbang dari lawannya, yaitu Desa Tanjung Rokan, Desa Hadungdung Pintu Padang, Desa Aek Nabara Julu dan Desa Sayur Mahincat.

Hasil pemungutan suara yang terjadi di Desa Tanjung Rokan membuat warga setempat jadi topik pembicaraan hangat di kedai kopi. seperti yang disampaikan oleh salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya untuk dimediakan, Selasa (20/12), mengatakan ” ini jelas terjadi kecurangan pak, masa dia sebagai calon kepala desa tidak memilih dirinya sendiri, dengan bukti akurat pak, dia tidak memiliki satu pun suara dalam penghitungan suara “, ujarnya.

Baca Juga :  Fakultas Syariah dan Hukum IAIN Padangsidimpuan Gelar Workshop

Yang dimana hasil pemungutan suara pilkades di Desa Tanjung Rokan dimenangkan oleh Abdul Haris Tanjung dengan memperoleh 81 suara dan Muhammad Daliani Tanjung sebagai calon incumbent kalah 1 suara dengan jumlah 80 suara, sedangkan Gozali Tanjung satu pun tidak ada memperoleh suara, suara yang batal ada 1, karena si pemilih menggunakan api rokoknya untuk mencoblos kertas suara sehingga ketiga saksi memutuskan untuk membatalkan suara tersebut, dan jumlah suara yang tidak menggunakan hak pilihnya ada 12 suara karena pemilihnya tidak hadir.

Diminta kepada pihak panitia pilkades kecamatan Aek Nabara Barumun dan Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Palas oleh Maragende Hutasuhut untuk mempertimbangkan hasil pemilihan suara yang terjadi di Desa Tanjung Rokan.

Sedangkan untuk hasil pemilihan kepala desa di Desa Hadungdung Pintu Padang dimenangkan oleh Roesmin Daulay dengan kemenangan tipis selisih 2 suara dari lawannya, yang dimana Roesmin Daulay memperoleh 154 suara dan lawannya yang bernama Sopyan Daulay yang berstatus incumbent hanya memperoleh 152 suara sedangkan Muhammad Yunus Daulay hanya memperoleh 45 suara. Suara yang batal ada 4, 3 suara tidak sesuai dengan aturan pencoblosan dan 1 suara tidak dicoblos karena pemilihnya tidak hadir. Dengan jumlah total suara 355.

Roesmin Daulay adalah calon kepala desa yang paling muda diantara calon lainnya yang bernama Muhammad Yunus Daulay dan Sopyan Daulay yang terpaut usia lebih kurang 10 tahun, yang dimana sekarang Roesmin Daulay masih berumur 32 Tahun.

Baca Juga :  Penemu Alat Semprot di Piala Dunia Bakal Kaya Raya

Berbeda dengan Desa Sipagabu,Desa Tanjung dan Desa Aek Bonban incumbent tetap bertahan. Malah, perolehan suara terpaut jauh dengan yang lainnya.(AEH)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*