4 Pelajar SMPN 3 Sibolga Nominator Lomba Melukis se-Asia Tenggara

Empat dari 6 pelajar SMP Negeri 3 Sibolga, yang diikutsertakan dalam Lomba Melukis Pelajar se-Asia Tenggara oleh Kementerian Pendidikan Thailand, masuk nominasi untuk diajukan ke final.

“Kita mengikutsertakan 6 pelajar dan mengirimkan lukisannya ke lomba tersebut. Setelah penyelenggara melakukan penjurian, puji syukur kepada Tuhan, 4 orang masuk nominasi, yakni 2 untuk kategori lukisan tangan dan 2 pelajar untuk kategori lukisan di komputer,” kata Kepala SMP Negeri 3 Sibolga, Muhammad Yazid SPd MAP, didampingi Wakil Kepala Sekolah, Washington Panjaitan, kepada METRO, Minggu (17/10).

6686129123558aa1385a52282d85f3ba8176c25 4 Pelajar SMPN 3 Sibolga Nominator Lomba Melukis se Asia Tenggara
Lukisan Hardinas berjudul I Want to be an Engineer. Lukisan Suci Wahyuni, berjudul I Want To Go To School.Lukisan M Azhar Siregar, berjudul A Child of a Fisherman. Lukisan Windya Suci O, berjudul A Child of a Fisherman.

Keempat pelajar yang lolos masuk nominasi tersebut yakni Hardinas dan Suci Wahyuni untuk kategori lukisan tangan, dan Muhammad Azhar dan Widya Suci Oktaviana untuk kategori melukis di computer.

Menurut M Yazid, untuk peserta lomba yang lukisannya masuk nominasi, ada 2 pola penjurian yang nantinya dilakukan, yakni 60 persen dinilai oleh Tim Juri dan 40 persen melalui dukungan para supporter yang dikirimkan via internet.

“Untuk itu, kita meminta dukungan para warga kota Sibolga khususnya, dengan cara membuka situs www.seamole.org. Saat kita membuka situs tersebut, kita akan melihat lukisan dari ratusan peserta para pelajar dari masing-masing negara di Asia Tenggara, di antaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Laos, Philippina, dan Thailand sebagai tuan rumah, serta beberapa negara Asia Tenggara lainnya,” katanya.

Setelah situsnya terbuka, klik “handdrawing”, selanjutnya klik ke arah nomor peserta 25 untuk lukisan Hardinas, dan nomor peserta 53 untuk lukisan Suci Wahyuni. Sedangkan untuk lukisan kategori melukis di komputer, silahkan mengklik nomor peserta 2 untuk Muhammad Azhar, dan nomor peserta 4 untuk Widya Suci Oktaviani.

Baca Juga :  Karena Krisis Penumpang - Wings Air Lhokseumawe-Medan terancam tutup

Nah, karena kriteria penilaiannya bukan hanya melalui Tim Juri, namun juga berdasarkan ndukungan dari para pendukung, maka Kepala SMPN 3 Sibolga ini mengharapkan dukungan dari warga Kota Sibolga.

Tentang keikutsertaan para siswanya ikut lomba melukis tersebut, M Yazid menjelaskan, pada akhir September lalu, ada undangan dari pihak Kementerian Pendidikan Thailand sebagai penyelenggara lomba melukis antar pelajar se Asia Tenggara.

“Lomba melukis yang disebut dengan “SEAMEO (South East Ministery of Education Organization) Competition” itu memperlombakan 2 kategori, yakni kategori lukisan tangan (hand drawing) dan melukis di komputer (computer drawing). Caranya dengan mengirimkan lukisan via internet, dengan terlebih dulu men-scan-nya,” katanya.

Hingga saat ini, telah ada lembaga pendidikan yang membantu dukungan untuk para pelajar SMPN 3 yang menjadi peserta lomba, yakni pihak USAID Distrik Sumatera Utara dan sejumlah orangtua pelajar SMP Negeri 3 Sibolga.

“Meski demikian, kita tetap dan sangat mengharapkan dukungan dari warga Kota Sibolga dan lainnya, agar para pelajar kita ini bisa menjadi juara. Dukungan untuk para peserta yang mengikuti lomba lukisan ini diberikan kesempatan mulai tanggal 18 hingga 22 Oktober mendatang. Pemenang diumumkan akhir Oktober. Kalau pelajar kita bisa Juara, pihak penyelenggara akan menghadirkan kita ke Bangkok Thailand. Seluruh fasilitas transportasi dan akomodasi ditanggung panitia,” ujar mantan Kepala Sekolah Terbaik Tingkat Nasional ini.

Baca Juga :  Aneh, Ribuan PNS Dukung Walikota Medan Yang Diduga Maling Uang Negara Rp 1,5 Miliar

Tema: Pelajar Putus Sekolah

Para pelajar yang ditanyai METRO mengatakan, sangat mengharapkan adanya dukungan dan doa restu masyarakat kota Sibolga dan sekitarnya. “Kami sangat berharap, kiranya warga Kota Sibolga dapat memberikan dukungan kepada kami, sehingga kami bisa menjadi juara. Karena selama ini juga, masyarakat Kota Sibolga telah memberikan partisipasinya demi kemajuan sekolah kami yang telah masuk kategori Kelas Internasional ini,” harap Hardinas, Suci Wahyuni, Muhammad Azhar dan Widya Suci Oktaviani, kompak.

Para pelajar ini mengaku, telah membuat dan mengirimkan lukisan yang bertemakan anak putus sekolah yang mengharapkan bantuan, sesuai tema yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara.

Sumber: http://metrosiantar.com/METRO_TANJUNG_BALAI/4_Pelajar_SMPN_3_Sibolga_Nominator_Lomba_Melukis_se-Asia_Tenggara

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*