42 Desa Di Madina Masih Tertinggal

PANYABUNGAN ( Berita ): Dari segi penyediaan infrastruktur, 42 desa di Kab. Mandailing Natal dikategorikan sebagai desa tertinggal. Ditambah 42 desa hingga saat ini belum dapat menikmati aliran listrik.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution di hadapan sidang paripurna istimewa DPRD Madina terkait Hari Jadi ke- 15 Kabupaten Mandailing Natal, baru-baru ini. “Menyiasati percepatan dan pemerataan pembangunan yang dalam kenyataannya, sekitar 42 desa di Madina termasuk kategori desa tertinggal dari segi penyediaan insfrastruktur,” ujarnya.

Untuk itu, katanya, Pemkab Madina harus memiliki komitmen menjadikan skala prioritas dengan program-program pembangunan insfrastruktur dasar pedesaan, pemamfaatan sumberdaya air untuk pembangkit listrik hidro mikro dengan menggandeng pihak ketiga.

Kemudian melanjutkan pembangunan jalan nasional batas Tapsel menuju batas Sumbar melalui Batu Mundam dan Natal hingga ke Ranto Baek.“Di samping memperkuat transportasi darat untuk mendukung kelancaran arus barang dan jasa dari dan ke Madina ke depan,pemerintah kabupaten akan melanjutkan pembangunan bandara Bukit Malintang dan pembangunan pelabuhan laut Palimbungan,” ucapnya.

Selain hal di atas, aspek pembangunan yang tidak boleh diabaikan, perlu mendapat penanganan serius dan mendesak saat ini menurut Dahlan Hasan, yakni peningkatan pelayanan kesehatan terutama rujukan pasien ke Rumah Sakit Umum (RSU) kabupaten.

Kondisi RSU kabupaten yang berada di Panyabungan dengan type C sudah tidak sanggup lagi melayani pasien sesuai dengan standar kebutuhan dasar pelayanan kesehatan seperti kurangnya tempat tidur pasien, tidak tersedianya gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan lain-lain.“RSU Panyabungan belummemenuhi persyaratan. Untuk itu,Pemkab Madina telah menyusunperencanaan RSU yang baru berlokasi di bukit Payaloting yang tahun ini akan dilakukan peasibility study,master plan, detail engineering serta amdal,” paparnya. (WSP/a28)

Baca Juga :  Shohibul Anshor Siregar: Tapsel Perlu Realistis

Sumber: beritasore.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*