430 Calhaj Padangsidimpuan Lakukan Manasik Akbar

Padangsidimpuan. Sebanyak 430 Calon Haji (Calhaj) Padangsidimpuan pada musim haji 1436 H/2015 M melaksanakan manasik haji akbar, Rabu (19/8). Manasik haji akbar ini dibagi dalam dua Kelompok Terbang (Kloter).
“Sebanyak 42 orang dari 430 Jumlah Calhaj Padangsidimpuan tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 7 bersama Calhaj Asahan dan Mandailing Natal,” kata Kepala Kementerian Agama, Padangsidimpuan Drs H Efri Hamdan Harahap dalam laporannya.

Sedang selebihnya berjumlah 388 Calhaj Sidimpuan tergabung di Kloter 13. Kloter ini rencananya akan diberangkatkan pada 27 Agustus 2015.

Dalam simulasi manasik akbar, para calhaj mengitari rute, start dari alaman bolak/Maktab, menuju kantor walikota P.Sidimpuan/Bir Ali, seterusnya menuju masjid Al-Abror/ Makkah.

Seterusnya para peserta manasik menuju Stadion HM Nurdin/Arafah, lalu bergerak ke jalan Kenanga /Muzdalifah, seterusnya menuju koperasi budi luhur/Mina, dan kembali menuju Masjid Al-Abror/Makkah.

Dalam sambutannya Walikota P.Sidimpuan, Andar Amin Harahap SSTP, MSi mengatakan, pada hakekatnya kegiatan manasik akbar bertujuan untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan wawasan para calhaj.

“Melalui kegiatan manasik ini, diharap apa yang menjadi kewajiban serta rukun dalam ibadah haji sesungguhnya nantinya di tanah suci makkah dapat terlaksana dengan baik,” kata Andar Amin.

Lebih jauh walikota mengimbau agar seluruh calhaj betul-betul mengikuti manasik akbar serta rajin membaca dan memelajari seluruh materi.

“Atas nama Pemko Sidimpuan, saya sampaikan rasa hormat dan bangga atas kebersamaan dan antusias calhaj mengikuti manasik ini. Harapan lebih tahu mana yang rukun dan mana yang wajib dalam pelaksanaan haji nantinya,” katanya.

Baca Juga :  Gempa Tektonik Taput-Tapsel - Siswa Ujian di Tenda Darurat

Hadir dalam acara ini, unsur DPRD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekda, Drs Zulfreddi Simamora, Ketua IPHI, H Martua Raja Harahap, Ketua MUI Padangsidimpuan, H.Zulfan Efendi Hasibuan MA.


MedanBisnis – (ikhwan nasution)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*