5.000 Pengungsi Gunung Sinabung Mulai Kembali ke Rumah

Ribuan pengungsi korban letusan Gunung Sinabung di beberapa lokasi penampungan memutuskan untuk pulang ke rumah masing-masing, Rabu (1/9/2010). Keputusan itu diambil karena aktivitas vulkanik gunung tersebut menunjukkan tanda-tanda normal.

Data Posko Utama Pengendalian Bencana Gunung Sinabung mencatat jumlah pengungsi yang ditampung di sejumlah lokasi mengalami penurunan drastis sejak Rabu pagi. Sedikitnya 5.000 warga sudah pulang ke rumah dan mulai menjalani kehidupan normal.

Jumlah warga yang masih berada di sejumlah penampungan hanya tinggal 25.551 orang. Sementara dua hari sebelumnya, Senin (30/8) tercatat mencapai 30 ribu jiwa. Bupati Karo, DD Sinulingga mengatakan, warga yang berdomisi di radius 12 kilometer dari Gunung Sinabung telah diperbolehkan pulang ke rumah. Sedangkan bagi mereka yang tinggal dalam radius enam kilometer, diimbau untuk bersabar di lokasi penampungan sementara waktu.

“Ini bentuk antisipasi saja bagi warga yang tinggal di radius enam kilometer jika terjadi letusan yang tidak terduga,” kata Sinulingga.

Meski aktivitas Gunung Sinabung berangsur normal, warga tetap diimbau untuk bersiaga jika terjadi hal yang mengkhawatirkan.

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/09/01/192139/1433084/10/5000-pengungsi-gunung-sinabung-mulai-kembali-ke-rumah?991102605

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*