5 Penyakit yang Paling Rentan Menyerang Orang Gemuk

Memang berat badan tidak bisa digunakan sebagai patokan untuk menilai kebugaran tubuh seseorang. Namun untuk membuat Anda tetap sehat, Anda harus tetap menjaga berat badan Anda. Karena ada berbagai penyakit yang bisa menyerang orang-orang yang memiliki berat badan berlebih. Berikut ini adalah beberapa penyakit tersebut :

  • Penyakit Gula

Dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki tubuh yang ideal, penderita obesitas empat kali lebih mungkin untuk terkena diabetes. Penyakit diabetes tipe 2 bisa terjadi karena kebiasaan makan yang tidak sehat dan berlebih sehingga tubuh akan menolak insulin.

  • Penyakit Jantung

Lemak berlebih yang dimiliki oleh penderita obesitas akan menyumbat pembuluh darah sehingga akan menyebabkan berbagai penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke dan berbagai penyakit lain yang berkaitan dengan kardiovaskular.

  • Kanker

Meskipun penyebab utama penyakit kanker adalah rokok namun kanker juga disebabkan oleh kelebihan berat badan dan aktifitas fisik yang rendah. Terlebih lagi jika orang tersebut menerapkan gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat.

Oleh karena itu untuk mencegah kanker, sebaiknya Anda rajin berolahraga. Karena saat berolahraga, hormon testeron dan endorphin akan diproduksi. Dimana kedua hormon ini akan mengikis lemak, sehingga menekan pertumbuhan hormon penyebab kanker. Seperti yang telah diketahui bahwa kelebihan hormon estrogen dapat memicu perkembangan kanker dan hal tersebut dapat dicegah oleh hormon testosteron.

Baca Juga :  Mengasuh Anak Bikin Wanita Hidup Lebih Lama Ketimbang Pria
  • Kesuburan

Profesor Rob Normon, sepesialis kesuburan dari Universitas Adelaide, Australia mengatakan “wanita bertubuh gemuk ternyata juga mengalami kesulitan untuk hamil.” Selain pada wanita, obesitas juga bisa membuat seorang pria menjadi tidak subur karena obesitas akan menekan fungsi testis.

  • Gangguan pada Persendian

Dalam setiap tambahan lemak yang terdapat dalam tubuh, tekanan pada persendian Anda juga akan bertambah tiga kali lipat dari berat tubuh. Selain itu Dr.Julien de Jager, rheumatologist memberikan sebuah fakta mengejutkan, yaitu  “bukan hanya persendian penahan tubuh seperti kaki, lutut, dan pinggang yang terkena dampaknya, tapi juga persendian di tangan dan jari.”

Oleh karena itu jika Anda ingin tetap sehat, segera turunkan berat badan Anda.

Sumber: www.segiempat.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*