5 Penyebab Kulit Gampang Memar

Kita ingat benar beberapa waktu sebelumnya tak pernah terbentur, namun kenapa tiba-tiba pada kulit terdapat memar? Ya, memar terkadang datang secara tiba-tiba dan tanpa disadari. Karena itu, kenali dulu penyebab aneh memar bisa ada di dalam tubuh.

1. Bertambah tua
Saat bertambah tua, dua hal yang terjadi pada kulit adalah hilangnya lapisan protektif yang berupa lemak serta produksi protein struktular dalam tubuh menurun. Padahal, kulit yang tipis membuat memar lebih mudah terjadi.

2. Paparan sinar matahari
Sudah menjadi rahasia umum bila paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi tipis sehingga rentan mengalami memar. Lapiran kolagen pada kulit akan menipis seiring bertambahnya usia, namun paparan sinar matahari akan membuat proses ini berjalan semakin cepat.

3. Minum aspirin setiap hari
Gary Goldenberg, asisten profesor dermatologi di The Mount Sinai Hospital mengatakan, alasan paling umum timbulnya memar tanpa terbentur sebelumnya adalah minum aspirin. Pasalnya, aspirin bekerja dengan melebarkan pembuluh darah dan melenyapkan keping darah atau trombosit yang menyebabkan darah sulit untuk membeku. Dengan jumlah trombosit yang berkurang, akan semakin mudah memar terjadi.

4. Kurang vitamin C
Vitamin C merupakan unsur penting dalam penyembuhan luka dan pembentukan lapisan kolagen pada kulit. Tanpa mengonsumsi vitamin C dengan jumlah cukup, pembuluh darah akan lebih terbuka sehingga rentan pecah dan terjadinya memar. Tanda-tanda kekurangan vitamin C adalah kelelahan, depresi, gusi berdarah, sendi bengkak, mmisan, serta kulit dan rambut kering.

Baca Juga :  Jalan Cepat Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer

5. Vaskulitis
Vaskulitis merupakan suatu kumpulan gejala klinis dan patologis yang ditandai dengan adanya proses inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah. Kondisi ini ditandai dengan memar merah yang dikenal juga dengan istilah purpupa. Memar merah merupakan tanda dari pecahnya pembuluh darah./KOMPAS.com –

Sumber : foxnews

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*