60 Persen Jalan Negara Siborongborong-P Sidempuan Rusak

Posted by: nababan on: 11 Agustus 2009
In: Berita Daerah Tapanuli Comment!

Doloksanggul (Nababan) – Sekitar 60 persen jalan negara Siborongborong- Tarutung- Sipirok hingga Padang Sidimpuan sudah habis “termakan usia”, sehingga perlu perhatian serius pemerintah untuk pembangunan. Jalan negara itu sepanjang 130 kilometer, 9 kilometer kondisi jalan tepatnya di Onanjoro Pahae Jae Taput sudah terkikis sehingga tidak bisa lagi dilakukan patcing (tumbal sulam).
Demikian dikatakan Alson Siregar selaku pelaksana rutin jalan Siborongborong – Padang Sidimpuan ketika ditemui di lapangan, Sabtu (8/8) tidak jauh dari lokasi Aek Latong. Ditambahkan, jalan negara ini sering mengalami gangguan khususnya di musim hujan. Karena air dari pegunungan mengalir ke ruas jalan mengakibatkan terkikisnya badan jalan. Sehingga untuk mengantisipasi transportasi tidak terganggu, alat berat selalu stanby di lapangan. Pembangunan dan pemeliharaan rutin sangat bertentangan dengan alam. Karena di badan jalan ada ditemukan mata air, sehingga mengakibatkan cepatnya rusak jalan.
Saat musim hujan menjadi perhatian khusus bagi pekerja jalan negara itu karena semakin banyak ditemukan lubang. Namun mengantisipasi semakin banyaknya lubang ditemukan selalu dilakukan patcing supaya pengguna jalan aman. Pekerjaan itu selalu dilaksanakan secara rutin, jadi bagi masyarakat yang pulang kampung dalam merayakan HUT RI dan lebaran sudah bisa dikatakan aman. Ketika disinggung mengenai kondisi Aek Latong yang selama ini menjadi kendala bagi pengguna jalan. Alson Siregar mengatakan bahwa lambat laun kondisi jalan itu mulai bagus, bahkan 6 meter sudah ditimbun dan dilapis dengan batu. Mudah-mudahan ke depan jalan itu cepat bagus supaya pengguna jalan tidak terganggu. Khusus musim kemarau, pengguna jalan bisa dikatakan sudah aman namun saat musim hujan para pengendara harus hati-hati karena kondisi jalan agak licin. Siregar juga menjelaskan, tahun 2009 ini pihaknya sudah melaksanakan patcing (tumbal sulam) sekitar 12.000 M. Pemeliharaan itu akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan dengan tujuan supaya kondisi jalan jangan semakin rusak.
Jalan negara persis di Sirihitrihit Taput sudah dilakukan kerjasama dengan Pemkab Taput dalam pembangunan saluran air. Dimana setiap hujan ruas jalan selalu ditutupi pasir yang mengalir dari pegunungan. Mengantisipasi itu, pihak jalan negara selalu mengikis pasir dari ruas jalan dan menimbun jalan dengan batu kosong. Kalau batu kecil dibuat atapun sirtu (pasir batu) maka timbunan itu terkikis dibawa arus air.
Pengamatan wartawan di lapangan, jalan negara itu masih banyak ditemukan rusak dan nampaknya tidak bisa lagi dilakukan pemeliharaan dan harus dilaksanakan pembangunan. Namun walaupun demikian, beberapa ruas jalan yang dianggap rawan yang sewajarnya hanya dilakukan dengan pemeliharaan ikut diperbaiki seperti pengaspalan baru. Bahkan di sepanjang jalan ada ditemukan mata air yang mengalir di badan jalan. Bila dibandingkan dengan 2 tahun lalu yang kondisinya cukup rawan, kini sudah bisa dikatakan bagus walaupun belum maksimal. Misalnya di Aek Latong, dulu pemilik kendaraan harus antre menunggu giliran dan takut melintas. Tapi sekarang sudah jarang ditemukan antrean.
Endro Manik asal Medan pengemudi truk yang setiap minggunya selalu melintas ketika ditanya wartawan di Aek Latong mengaku bahwa kondisi jalan saat ini jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dulu katanya, selalu ada lubang yang bisa membahayakan sopir tapi saat ini sudah agak bagus. Padahal jalan negara ini merupakan perlintasan yang diminati supir bila dibandingkan dengan via Tarutung Sibolga. Belakangan ini juga drainase selalu dibersihkan sehingga air tidak mengalir lagi di badan jalan. Termasuk membabat rumput di sepanjang jalan. Harapannya kiranya pemerintah memberikan perhatian serius dalam pembangunan ini. (SIB/T10/h)

sumber : nababan.wordpress.com

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google 60 Persen Jalan Negara Siborongborong P Sidempuan Rusakfacebook 60 Persen Jalan Negara Siborongborong P Sidempuan Rusaktwitter 60 Persen Jalan Negara Siborongborong P Sidempuan Rusaklinkedin 60 Persen Jalan Negara Siborongborong P Sidempuan Rusakemail 60 Persen Jalan Negara Siborongborong P Sidempuan Rusakprint 60 Persen Jalan Negara Siborongborong P Sidempuan Rusak

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*