7 Tips Aman Bepergian dengan Mobil Pribadi

BAGI Anda yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi. pastinya menganggap kendaraan Anda sebagai rumah kedua. Beraneka barang dan perlengkapan penting biasanya ada di dalam mobil dan barbagai cara juga akan Anda lakukan untuk melindungi mobil kesayangan.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu melindungi mobil Anda dan segala sesuatu di dalamnya saat bepergian.

1. Simpan barang-barang berharga sebelum sampai tempat tujuan

Saat sampai di hotel dan tempat parkir di dalam atau luar ruangan, sebaiknya simpan barang berharga di bagasi kecil yang terdapat pada dashboard. Jangan taruh barang berharga di tempat yang mencolok karena hal ini bisa mengundang para pencuri untuk berbuat kriminal pada mobil Anda.

2. Pilih tempat parkir dengan bijaksana

Dimanapun Anda memarkirkan mobil harus selalu waspada dan jangan pernah menganggap remeh meskipun keadaan terlihat aman karena para pencuri akan memaksimalkan celah sekecil apapun.

Saat di bandara sebaiknya memilih tempat parkir yang ramai dan banyak bandara telah memiliki kamera pengintai sehingga memudahkan petugas untuk mengawasi mobil Anda.

Ketika parkir di pinggir jalan, cobalah untuk mencari tempat parkir di dekat sebuah toko yang ramai, di bawah lampu jalan atau di tempat terbuka untuk mempersempit ruang gerak pencuri. Jalan semakin ramai, semakin baik.

3. Jika ragu, gunakan tempat parkir resmi

Baca Juga :  10 Konstruksi yang Menakjubkan

Parkir di pinggir jalan adalah tempat yang paling rentan untuk menjadi sasaran pencuri. Jadi, jika Anda merasa tidak nyaman dengan pilihan parkir di pinggir jalan, Anda bisa mencari sebuah tempat parkir yang ada di pusat perbelanjaan atau tempat parkir resmi lainnya. Meskipun lebih aman, bukan berarti Anda kebal dari pencuri. Tetap waspada dan kunci kendaraan Anda dengan aman.

4. Memarkir mobil sendiri ketika Anda bisa

Kebanyakan petugas parkir (valet), saat Anda pergi ke hotel biasanya akan menjamin keamanan mobil tetapi Anda jangan membuatnya terlalu mudah sebab godaan untuk mencuri bisa datang kapan saja.

5. Asumsikan jika pencuri ingin mencuri mobil Anda

Dengan mengasumsikan pencuri ingin mencuri mobil, Anda akan selalu waspada meskipun ternyata pencuri itu hanya ingin mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam mobil. Dengan kewaspadaan ini otomatis Anda akan melakukan hal-hal yang bisa melindungi mobil Anda, seperti mengaktifkan alarm misalnya. Hal ini akan semakin mempersempit ruang gerak para pencuri

6. Sebuah mobil yang kurang rapi/ bagus mungkin juga bisa dirampok

Sebagian dari Anda mungkin berpikiran jika mobil yang diparkir di sebelah Anda lebih bagus dari mobil yang Anda punya. Melihat keadaan ini, Anda kemudian berpikir jika mobil tidak akan dicuri. Jika sudah lengah begini, para pencuri bisa leluasa menggunakan kesempatan yang ada meskipun kecil. Jadi, anggaplah mobil Anda sesuatu benda yang berharga.

Baca Juga :  Kasus Orang yang Tidak Mati Setelah Dieksekusi Mati

7. Periksa barang-barang berharga segera setelah Anda kembali ke mobil

Untuk memastikan tidak ada yang dicuri dari dalam mobil, sebaiknya Anda segera memeriksa barang-barang berharga begitu sampai di dalam mobil. Rasa curiga diperlukan bila menyangkut benda-benda yang Anda anggap penting karena bisa saja pencuri tidak meninggalkan jejak yang mencolok saat mengambil barang-barang yang ada di dalam mobil.

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/06/04/826/3/Tujuh-Tips-Aman-Bepergian-dengan-Mobil

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*