71 Sekolah Negeri/Swasta Tapsel Diakreditasi

Direncanakan, Juni mendatang sebanyak 70 sekolah baik negeri maupun swasta mulai tingkat SD-sederajat, SMP-sederajat dan SMA-sederajat se-Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) akan diakreditasi Badan Akreditasi Provinsi (BAP) Sekolah dan Madrasah (SM) Propinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tapsel, Drs Marasaud melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) TK dan SMP, Hj Masni Harahap SPd kepada METRO, Senin (24/5).

Dijelaskannya, perincian 70 sekolah yang akan di akreditasi masing-masing, SD-sederajat 51 sekolah, SMP 13 dan SMA 7 sekolah. “Sesuai hasil pelaksanaan sosialisasi akreditasi yang berlangsung pada Rabu (19/5) lalu di Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah yang pesertanya sendiri merupakan utusan dari 9 Kabupaten/kota antara lain Nias, Nias Selatan, Tapteng, Sibolga, Madina, Psp, Palas, Paluta dan dari Tapsel diikuti oleh sebanyak 70 kepala sekolah yang akan diakreditasi pada bulan Juni ini,” ujarnya.

Lebih lanjut diterangkannya, masalah akreditasi memang merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor. 11, 12, dan 3 tahun 2009 tertanggal 4 Maret 2009 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD dan MI, SMP dan MTs, SMA, SMK dan MA yang meliputi instrumen akreditasi, petunjuk teknis pengisian instrument akreditasi, instrument pengumpulan data dan informasi pendukung akreditasi dan terakhir teknik penskoran dan pemeringkatan hasil akreditasi.

“Masalah kapan hari pelaksanaan untuk tiap sekolah, kita belum tahu kapan, yang jelas seluruhnya merupakan kewenangan dari pihak BAP SM Provinsi Sumut karena mereka yang akan terjun langsung ke sekolah yang sudah tercatat akan masuk proses akreditasi di Tapsel tahun 2010<” ucapnya.

Baca Juga :  Panyabungan Duta Madina Tingkat Provinsi

Disampaikannya, hal yang menjadi penilaian antara lain, termasuk juga sarana dan prasarana serta SDM tenaga pengajar. “Pihak sekolah terkait semuanya sudah diberitahukan pada sosialisasi lalu,” tutur Hj Masni.

Tujuan akreditasi dilakukan, agar sekolah dapat melaksanakan tugas-tugasnya secara professional, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan berbagai pihak. Dan sistem akreditasi yang telah dikembangkan, sesuai amanat Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Untuk diketahui, total jumlah sekolah SD-sederajat sampai SMA-sederajat se-Kabupaten Tapsel yakni SD dan MI sebanyak 279 sekolah, SMP dan MTs sebanyak 42 serta SMA sebanyak 12 sekolah, SMK sebanyak 5 SMK dan MA sebanyak 16 sekolah.

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/71_Sekolah_Diakreditasi

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*