74 Pasien Katarak dan Gangguan Pendengaran Berobat Gratis di Paluta

Salah seorang warga sedang diperiksa pendengarannya, pada saat screening penderita katarak di RSUD Gunung Tua, Selasa (24/5).

PADANGBOLAK-Sekitar 74 pasien penderita katarak dan gangguan pendengaran memeroleh pemeriksaan screening (gerakan deteksi dini) secara gratis dari Dinas Kesehatan Paluta bekerjasama dengan UPT Kesehatan Indra Masyarakat Dinkes Sumut, Selasa (24/5) di RSUDGunung Tua.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Paluta, H Darwin Harahap dikonfirmasi melalui Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Paluta, dr Irwan didampingi petugas program khusus Mata, Hj Yusmanidar Agustina Siregar, kepada METR0, disela-sela kegiatan mengatakan, program screening penderita katarak dan pendengaran bagi masyarakat bersusia lanjut (Usila) merupakan agenda rutin Dinkes setiap tahun Dinkes Paluta bekerjasama dengan Pihak Dinkes Sumut.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan dari Dinkes Sumut yang bertujuan meringankan beban masyarakat, terutama bagi mereka yang menderita sakit katarak dan pendengaran bagi usia lanjut,” kata Yusmanidar. Sebelum pelaksanaan operasi katarak, lanjutnya kepada pasien dilakukan screening untuk menjaring calon pasien katarak, dengan tujuan untuk membantu masyarakat penderita katarak agar dapat pulih kembali sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan produktifitas dan dapat mengikuti operasi katarak secara gratis bulan Oktober mendatang.

Ditambahkannya, peserta Screning katarak dan gangguan pendengaran berjumlah 125 orang dari seluruh puskesmas di Paluta. Setelah dilakukan screening terjaring 74 penderita katarak dan gangguan pendengaran. “Dari pemeriksaan dan hasil seleksi terjaring 74 pasien penderita katarak dan gangguan pendengaran. Selain itu kita juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar lebih mengerti tentang katarak dan cara pengobatannya (operasi),” ungkapnya.
Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat maupun penderita katarak mengetahui diagnosis sedini mungkin agar cepat terapinya dan mencegah meluasnya penyakit. (thg/mer)

Baca Juga :  Gubsu diminta copot Bupati Paluta

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*