8 Desa Terima Kucuran Rp2 M Dana PNPM

Selasa, 17 November 2009 – www.metrosiantar.com

PNPM

SIPIROK-METRO; Tahun anggaran 2009 ini, 8 desa dan kelurahan di Kecamatan Saipar Dolok Hole atau SDH, Kabupaten Tapanuli Selatan, akan menerima dana bantuan langsung masyarakat atau BLM dari PNPM-MP sebesar Rp2 miliar, yang diperuntukkan membangunan berbagai fasilitas umum masyarakat serta pembangunan sektor ekonomi.

Camat SDH, Parlindungan Harahap, melalui Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan, Sangkot Siregar, kepada METRO beberapa waktu lalu mengatakan, masyarakat desa yang ada di wilayah Kecamatan SDH merasa sangat terbantu dengan adanya PNPM.

“Sebagian warga kita masih hidup dengan fasilitas umum dan dengan terus digalakkannya PNPM tentu pembangunan berbagai fasiltas terus berlangsung menyentuh beberapa aspek kehidupan warga terutama yang berada di pedesaan,” kata Sangkot.

Sementara, Fasilitator Teknik (FT) SDH, Edy Syaputra Hutasuhut ST, didampingi Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan SDH, Tiamina Pasaribu, menyebutkan, untuk tahun 2009 Kecamatan SDH akan menerima dana BLM dari PNPM-MP sebesar Rp2 miliar, dan sesuai dengan prinsip dan tahapan yang ada dalam PNPM, di Kecamatan SDH sudah ditetapkan 8 desa dan kelurahan yang akan didanai pada tahun 2009.

“Ada 8 desa dan kelurahan yang sudah ditetapkan menerima dana pada tahun 2009 sesuai dengan musawarah desa penetapan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu,” sebut keduanya.

Adapun desa yang akan didanai PNPM-MP tahun ini adalah Kelurahan Sipagimbar berupa Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) untuk 3 kelompok, pembangunan MCK dan perkerasan jalan (telport) dengan jumlah total dana Rp403.070.200, untuk Kelurahan Aek Simotung SPP untuk 3 kelompok dengan dana Rp7.894.700, Desa Saut Banua Simanosor untuk SPP 3 kelompok dan MCK 2 unit dengan dana Rp301.718.900.

Baca Juga :  Pertanian Perhatian khusus di Paluta

Selanjutnya, Kelurahan Simangambat berupa perkerasan jalan telport dengan dana Rp113.684.300, Desa Parausorat Sitabotabo berupa perkerasan jalan dengan dana Rp384.800.900, Desa Pintu Padang berupa perkerasan jalan dengan dana Rp209.254.800, Desa Sunge Sigiring-Giring berupa pembengunan jembatan kayu dan gorong-gorong dengan dana Rp254.015.000 dan Desa Batang Parsuluman berupa pembangunan MCK dan jalan telport dengan dana Rp341.403.600.

Sebelum dana disalurkan, menurut keduanya akan terlebih dahulu dilaksanakan musyawarah.”Sebelum disalurkan tahapan selanjutnya akan dilakukan musyawarah informasi sebagai penginformasian pada seluruh desa partisipatif” pungkas keduanya. (ran)

PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/8-desa-terima-kucuran-rp2-m-dana-pnpm/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*