RESUME SEMARAK IDUL FIT…

RESUME SEMARAK IDUL FITRI 1424 H/ 2003
FORUM MAHASASISWA SORIKMARAPI
(FORMASI)
DESA SIBANGGOR JULU, KECAMATAN TAMBANGAN
MANDAILING NATAL 27-29 NOVEMBER 2003

Pentas dan Podium yang sederhana hasil kerjasama Forum Mahasiswa Sorik Marapi (FORMASI) dengan Naposo-Nauli Bulung Sibanggor Julu. Kemitraan kedua institusi ini semakin mendekatkan tali silaturrahmi antara pemuda desa dengan pemuda yang sedang merantau mencari ilmu di berbagai pelosok di Indonesia dan Malaysia. Berdasarkan data institusi telah mencapai angka 60 mahasiswa yang kuliah di dalam dan luar negeri dari 10 desa di Tarlola Sibanggor.

Margordang, Gordang Sambilan. Terlihat pemimpin gordang (Jangat) sedang menunjukka kebolehannya di hadapan ribuan masyarakat di Tarlola Sibanggor. Gordang Sambilan terdiri atas 9 gendang yang dinamai 3 jangat, jom, saba jae saba julu, udong-kudong, tampul tolang, tepe-tepe, dan sebagainya. Atraksi ini bisa memakan waktu sampai 1 jam dalam satu atraksi.

Parsuling dan Paronang-onang sedang menunjukkan kebolehannya dalam mengikuti irama Gordang Sambilan. Paronang-Onang ini bisa memunculkan syair yang spontan baik dalam lirik suka maupun duka. Terkadang penonton bisa dibuat tertawa terjungkal-jungkal dan bisa juga menangis mengenal isi onang-onang. Onang-Onang ini juga merupakan budaya yang mulai punah di Mandailing. Perlu dimasukkan dalam kurikulum lokal (bahasa daerah) seni yang mulai punah ini.

Manortor, merupakan seni tari tradisional. Konon kabarnya manortor ini hanya boleh dilakukan pada pesta adat dan pesta perkawinan putra atau putri raja. Terlepas dari siapa yang boleh melakukan aksi ini, dipandang perlu untuk merevitalisasi seni ini melalui kurikulum lokal di Sekolah Dasar dan Menengah di Mnadailing Natal.

Marmoncak atau atraksi pencak silat merupakan seni beladiri yang dikenal luas di Mandailing dan Minangkabau. Untuk bisa melakukan atraksi ini, harus diimabangi dengan ketrampilan dan kelihaian yang memadai. Ada kalanya atraksi ini dilengkapi dengan senjata yang sebenarnya seperti pisau. Jika si pemain tidak lihai bisa-bisa membawa petaka baginya.

Mamodil atau menembak merupakan seni yang sudah tergolong moderen. Secara tradisional dikenal adanya aktifitas Mangultop, yaitu menembak burung dengan peralatan sederhana dari bambu sebagai laras senjata dan lidi ijuk yang dibubuhi gabus sebagai pelurunya. Tidak jarang peluru ini bisa mematikan burung dengan jarak tembak sampai 50 meter.

Masyarakat Tarlola Sibanggor terlihat antusias mendengar dan menyaksikan pertunjukan musik dan tor-tor tradisional Mandailing (Gordang Sambilan dan Tor-Tor) pada Acara Semarak Idul Fitri 1412 H/2003 di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal. Gordang dan Manortor merupakan budaya yang mulai punah di Mandailing. Dengan mengandalkan dana swadaya desa, kini 2 (dua) Grup Gordang Sambilan masih eksis di Desa Sibanggor Julu.

Pemerintah Desa (Kepala Desa, BPD, LPM) dan Tokoh Masyarakat (Jabatan Agama, Hatobangan) sedang serius mendengarkan Kata Sambutan dari Ketua Panitia Semarak Idul Fitri 2003, Abdul Rozak Tanjung, Mahasiswa Administrasi Negara Universitas Sumatera Utara, Medan. Dalam posisinya sebagai mahasiswa, ketua panitia menekankan perlunya revitalisasi nilai-nilai pendidikan, budaya dan agama di Lembah Sorik Marapi—Gunung tertinggi ke-2 di Sumatera Utara

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*