AAL Dinyatakan Terbukti Curi Sandal Jepit

Metrotvnews.com, Palu: Sidang kasus pencurian sandal jepit dengan terdakwa AAL (15) di Pengadilan Negeri Palu, Sulawesi Tengah, berakhir, Rabu (4/1) malam. Majelis hakim menyatakan AAL bersalah mencuri sandal jepit. Namun, ia hanya dikembalikan kepada orangtuanya untuk dibina. AAL juga membebani biaya perkara sebesar Rp2.000. Sedangkan barang bukti berupa sandal jepit yang dicurinya dimusnahkan.

Yang memberatkan terdakwa adalah aksinya dinyatakan meresahkan masyarakat. Sedangkan faktor yang meringankan ialah usianya masih di bawah umur dan pencurian itu baru pertama kali dilakukan. “Selain itu, terdakwa mengakui perbuatan dan masih berstatus sebagai pelajar,” kata hakim Romel Tampubolon dalam amar putusannya.

Vonis ini sama dengan tuntutan jaksa. Remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah kejuruan (SMK) di Palu dituntut untuk dikembalikan kepada orangtuanya.

Persidangan ini sendiri berlangsung maraton. Seusai pembacaan tututan, sidang dilanjutkan dengan pembelaan oleh tim penasihat hukum yang diketuai Elvis Katuwu. Setelah itu dilanjutkan lagi mendengarkan replik jaksa atas pembelaan tersebut. Kemudian penasihant hukum diberi kesempatan lagi untuk menanggapi. Hingga akhirnya hakim menjatuhkan vonis. (MI/BEY)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*