ADAB Layangkan Gugatan ke MK – KPU Urung Kirim Hasil Pemilukada ke Gubsu

5426089cb1d0a4ab9bc1d1391d4d51867903c12 ADAB Layangkan Gugatan ke MK KPU Urung Kirim Hasil Pemilukada ke GubsuTAPSEL-METRO; Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Selatan seyogianya sudah mengirimkan hasil pleno penghitungan suara Pemilukada Tapsel ke Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Kamis (20/5) lalu. Namun, itu belum dilaksanakan karena salah seorang pasangan calon nomor urut 3, Andar Amin Harahap-dr Badjora Siregar (ADAB) menggugat KPU ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Hasil rapat pleno penghitungan suara Pemilukada Tapsel, Jumat (14/5) lalu di Kantor KPU Tapsel, menetapkan pasangan nomor 4, Syahrul M Pasaribu-Aldinz Rapolo Siregar (SARASI) sebagai peraih suara terbanyak. Ini tertuang dalam berita acara nomor 32/KPUKAB/002-434707/V/2010 tertanggal 14 Mei tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilukada Tapsel, dan keputusan KPU Tapsel Nomor 20 Tahun 2010.

“Seharusnya akan dilaporkan (hasil pleno KPU, red) kepada Gubsu, Kamis (20/5) lalu. Tapi tidak jadi, karena pasangan nomor urut 3, ADAB memasukkan gugatan ke MK pada tanggal 19 Mei. Dan kami sudah diberi tahu oleh pihak MK tentang gugatan ini,” ujar anggota KPU divisi tekhnis, Akhiril pane MPd kepada METRO, Jumat (21/5).

Disebutkannya, laporan hasil rapat pleno penghitungan suara sudah disampaikan secara resmi kepada KPU Sumut, Jumat (14/5) lalu, sebagai laporan dari KPU Tapsel selaku penyelenggara Pemilukada Tapsel.

Ditambahkannya, meskipun KPU sudah mengetahui pasangan calon nomor urut 3, ADAB menggugat pada tanggal 19 Mei lalu, namun surat resmi dari MK ke KPU Tapsel belum ada. “Secara resmi belum ada surat kita terima dari MK. Tapi kalau secara umum kita sudah tahu sesuai yang disampaikan oleh pihak MK. Substansi apa yang digugatan, kita belum tahu. Tapi yang jelas ADAB menggugat KPU Tapsel,” ucapnya.

Baca Juga :  Pilkada Digelar 2012, Kondisi Politik Kota Padangsidimpuan Masih Senyap...!

“Kita tunggu dulu sampai selesai masalah gugatan di MK ini, baru hasil rapat pleno itu kita sampaikan ke Gubsu,” pungkasnya. (phn)

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/ADAB_Layangkan_Gugatan_ke_MK

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*