Aek Latong Selesai Sebelum Lebaran

TAPSEL – Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Sumut-Aceh mulai memperbaiki jalur Aek Latong di Kecamatan Sipirok, Tapsel. Perbaikan jalan lintas Sumatera yang sudah rusak parah ini ditarget selesai sebelum lebaran.

Menurut pengawas lapangan perbaikan jalan rusak Aek Latong, Zulmansyah, mengatakan, tanah di jalur kanan (jika menuju Tarutung dari Sipirok) akan diturunkan. Caranya, dengan dikorek sekitar dua meter dengan lebar lima  meter. Sehingga, kendaraan dari arah Tarutung tidak kesulitan menanjak. Sebab, tanjakannya sudah tidak begitu tinggi.

Begitu juga dengan sisi kanan (jika arah menuju Tarutung dari Sipirok), permukaan jalan yang penuh bebatuan dan tanah tersebut juga dikorek sekitar 50 centimeter. Tujuannya, agar jalan landai dan mobil yang turun tidak begitu curam saat menurun.

Zulmansyah menambahkan, di bagian bawah jalan Aek Latong juga akan terus ditimbun agar permukaan naik sekitar 1-5 meter dan lebarnya ditambah menjadi 10 meter, sehingga kendaraan yang hendak menanjak tidak begitu kesulitan melewatinya. “Jadi di bagian atas dikorek dua meter dan bagian bawah dinaikkan 1-2 meter,” terangnya.

Selain itu, sambungnya, payau yang ada di pinggir jalan juga aku ditimbun terus-menerus agar air tidak tergenang lagi. “Untuk sementara, ini solusi yang bisa dilakukan sembari menunggu selesainya pembangunan jalur alternatif Aek Latong,” tambahnya.

Untuk lampu penerangan, lanjutnya, dihitung khusus di jalur rusak saja. Ada 10 titik yang perlu dibangun di kiri dan kanan badan jalan rusak.

Baca Juga :  Anggota DPD RI Parlindungan Purba : Pemko Harus Tegas Kontrol Harga Daging

Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu yang meninjau proses perbaikan jalan Aek Latong didampingi muspida plus, Kamis (14/7), berharap proses perbaikan jalur Aek Latong bisa selesai diperbaiki secepatnya. “Kita harapkan minus 7 sebelum lebaran tidak ada kendala lagi bagi kendaraan untuk melewati jalan tersebut,” harap Syahrul.

Lalu, soal lampu penerang jalan, Syahrul juga berharap peran PLN untuk membuat lampu penerangan di jalan rusak tersebut. “Kita harapkan bisa cepat, sehingga ketika puasa di daerah ini sudah terang, sehingga lebih memudahkan kendaraan untuk melalui jalur tersebut dengan pencahayaan yang cukup,” tukas Syahrul.

waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. mari kita dukung upaya bupati ini agar masalah aek latong ini bisa cepat selesai, namun mudah-mudahan ini jangan hanya penangangan u kebutuhan jangka pendek saja.. tpi biarlah u jangka panjang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*