Aek Milas jadi DTW Bertaraf Provinsi

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Padang Lawas (Palas) diminta membangun potensi objek wisata Aek Milas di Desa Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Palas. Dengan dana sekitar Rp500 juta, sudah bisa menjadikan Aek Milas jadi Daerah Tujuan Wisata (DTW) bertaraf provinsi.

Hal tersebut disampaikan mantan Kepala Desa (Kades) Paringgonan, Bonardon Nasution, Selasa (12/4). Katanya, hal tersebut sangat memungkinkan mengingat jaraknya hanya 1,2 kilometer dari ibukota Kecamatan Lubuk Barumun. Belum lagi nama pemandian Aek Milas sudah banyak diketahui oleh masyarakat di wilayah Palas karena keindahan tempat pemandiannya yang dikelilingi pohon durian dan suasana aroma alamnya yang asri. “Hal ini disempurnakan dengan keramahan masyarakat di sekitar tempat pemandian,” terangnya. Bonardon menambahkan, suhu air Aek Milas mencapai 50 derajat hingga 85 derajat ditambah lagi airnya yang jernih serta pepohonan yang rindang di sekitar lokasi.
“Saat ini kondisi lokasi tersebut sangat jauh dari sentuhan pembangunan. Jalan menuju lokasi ini pun masih berlumpur, belum lagi mandi cuci kakus (MCK) yang belum ada,” ujarnya.

Padahal, kata Bonardon, lokasi ini ini sudah mampu mendatangkan 75 pengunjung setiap hari yang berasal dari berbagai daerah di wilayah Tabagsel bahkan ada yang dari Riau. Masih kata Bonardon, masyarakat sekitar sebenarnya sangat mendukung pengembangan lokasi ini. Hal ini dibuktikan dengan kesediaan masyarakat sekitar menghibahkan tanah mereka yang ada di sekitar pemandian untuk dikembangkan menjadi wisata ternama. Bahkan masyarakat juga sudah bergotong royong membersihkan tempat pemandian dengan membuat tempat ganti pakaian secara alami. “Coba kita bayangkan potensi wista ini. Selain air panas, air dingin juga ada, air setengah panas juga ada, bahkan air yang selalu bersih ini diyakini sebagian masyarakat mampu menghilangkan penyakit pegal-pegal dan lainnya,” papar Bonardon mengakhiri. (amr/ara)-(metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  25 Atlet Inkai Psp Siap Adu Kekuatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*