Aek Nabara Barumun jadi Kecamatan

Kecamatan Aek Nabara Barumun dengan ibukota Aek Nabara hasil pemekaran dari Kecamatan Barumun Tengah, diresmikan Bupati Padang Lawas, Basyrah Lubis, di halaman bolak Bagas Godang Aek Nabara, Senin (21/2). Menurut Basyrah Lubis, dua kecamatan baru yang lahir di Palas, yakni Kecamatan Aek Nabara Barumun dengan ibukota Aek Nabara hasil pemekaran Kecamatan Barteng dan Kecamatan Barumun Selatan dengan ibukota Batang Bulu, hasil pemekaran Kecamatan Barumun.

Basyrah menambahkan, pemekaran dilakukan sebagai wujud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan jalan pemekaran. Hal tersebut  berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 tahun 2008 tentang Pemekaran Kecamatan.dan mengacu kepada Permendagri Nomor 178/01913 tertanggal 9 Nopember 2010. “Karena luas wilayah mencapai 4.000,75 km2, dengan  jumlah penduduk 9.000,90 jiwa, tentunya harus ada dilakukan pemekaran,” ucap Basyrah di hadapan masyarakat Barumun Aek Nabara.

Selain tiu, sambung Basyrah, juga untuk membantu efektifitas pemerataan pembangunan. Apalagi tahun 2012,  Pemkab Palas memprioritaskan program pembangunan hingga ke desa-desa khususnya di bidang infrastruktur. Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Hamzah Nasution sebagai camat defenetif Aek Nabara Barumun. Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat Aek Nabara Barumun, H Amir Husin Hasibuan, dalam sambutanya menjelaskan, tujuan pemekaran kecamatan tersebut adalah untuk mempermudah pelayanan dan kesejahteraan rakyat Aek Nabara. “Dan kita berharap pejabat yang ditunjuk nantinya harus mampu membawa perubahan bagi masyarakat Aek Nabara,” pungkasnya.

Baca Juga :  10 Desa di Sipirok Tak Ada Bidan

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap, Sekdakab Palas, Drs Gusnar Hasibuan, Ketua DPRD, HM Ridho Harahap serta anggota DPRD, muspida plus, ketua MUI, dan ribuan masyarakat lainnya. (amr/ann) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*