Aek Najaji, Desa Kecil Yang Mandiri Di Sudut Kota Padangsidimpuan

Oleh: Rahdiansyah Pane *)

5522525602 3cea4b544b Aek Najaji, Desa Kecil Yang Mandiri Di Sudut Kota PadangsidimpuanDisudut Kota Padangsidimpuan, terdapat desa kecil yang hanya memiliki 1 dusun yang di huni 26 KK, atau 136 jiwa. Kalau hendak ke desa ini, jarak tempuh dari pusat kota mencapai lebih kurang 9 KM dan membutuhkan waktu 40 Menit menggunakan kendaraan roda 2, 3 atau 4. Bila berjalan kaki, tentu beda lagi waktunya. Ya, kira – kira menelan waktu 2 jam lamanya, karena jalan menuju desa ini harus melalui jalan yang mendaki. Jadi,butuh energy yang ekstra dan memang cukup melelahkan.

Sepanjang jalan, kita menyaksikan pemandangan indah dengan suasana alam yang asri dan udaranya  yang sejuk. Pepohonan, bukit dan jurang mengelilingi desa ini. Terbersit dihati dan pikiran, perkampungan yang dituju tidak berpenghuni dan bagaikan desa mati yang tak termasuk dan terdaftar wilayah kota. Tanpa disangka, ternyata desa yang jauh dari pusat pemerintahan dan perbelanjaan, meleset dari dugaan. Sesampai disana, desa kecil ini yang akrab disapa  Aek Najaji, ada yang menghuni bahkan telah menata diri dan lingkungannya secara bertahap melalui PNPM Mandiri Perkotaan ( PNPM – MP ) sejak Juni 2008 mulai di perkenalkan.

Kehadiran PNPM – MP membawa perubahan yang signifikan terhadap kemajuan masyarakat baik dibidang ekonomi, sosial, maupun pembangunan infrastruktur. Berbagai kegiatan dilakukan dalam kurun waktu tahun 2009 hingga 2010, masyarakat telah berhasil membangun jalan setapak, dinding penahan jalan, jembatan sebanyak 2 unit, dan sarana air bersih maupun pinjaman ekonomi bergulir melalui dana BLM dan swadaya masyarakat setempat. Desa Aek Najaji memanfaatkan dana BLM yang diamanahkan pemerintah sebanyak 2 putaran terdiri dari putaran pertama, sebesar Rp. 150.000.000, sedangkan putaran kedua, sebesar Rp. 120.000.000 dan apabila masih diberikan kesempatan kembali, di tahun 2011, masyarakat akan memperoleh dana BLM untuk putaran ketiga, sebesar Rp. 125.000.000. Bila dana BLM terus berlanjut, dapat di impikan, Aek Najaji bakal jadi desa metro politan versi PNPM – Mandiri Perkotaan.

Dengan masuknya PNPM Mandiri Perkotaan di desa ini, terasa jauh perbedaannya ketika program ini belum ada. Dahulu, desa ini seakan terisolir dan sedikit memperoleh pembangunan. Tidak ada jembatan yang menghubungkan antara jalan satu kejalan yang lain sehingga akses transfortasi terputus. Air sebagai zat yang menghidupi masyarakat, tidak segampang itu untuk di peroleh. Jalan – jalan yang ada tidak terbentuk rapi dan kokoh melainkan jalan yang berlobang, becek, ditutupi semak belukar dan rawan longsor. Inilah yang dirasakan oleh masyarakat sebelum program pemberdayaan nomor wahid di negeri ini masuk ke desa Aek Najaji. Desa kecil yang terkesan sunyi tanpa penghuni seakan tidak mendapatkan perhatian dari pihak – pihak yang berkompeten.

Baca Juga :  Ketika Pasar Dibawa ke Kampung-kampung

5522526414 d368c44d61 Aek Najaji, Desa Kecil Yang Mandiri Di Sudut Kota PadangsidimpuanKini, Desa ini bukan Aek Najaji yang dulu, identik dengan ketertinggalan. Malah, Aek Najaji sejajar dengan desa – desa di Kota Padangsidimpuan yang lagi sibuk menata desanya, walaupun jumlah penduduknya masih relative sedikit.  Desa tidak lagi kumuh dan lusuh. Masyarakat Aek Najaji bersama Badan Keswadayaan Masyarakat ( BKM ) Aek Najaji, optimis dalam beberapa tahun kedepan, Desa ini menjadi  akan berkembang pesat dan diminati warga luar untuk menghuni desa Aek Najaji sebagai tempat yang aman, nyaman dan indah.

5521937391 2a4e1b039e Aek Najaji, Desa Kecil Yang Mandiri Di Sudut Kota PadangsidimpuanPerubahan keadaan ini tentu tidak terlepas peran masyarakat, BKM dan aparat desa, dan tim fasiltator yang setia setiap saat mendampingi warga dalam misi haus perubahan serta pihak – pihak lainnya. Tentu, melalui komitmen bersama semua pihak, Desa Aek Najaji mampu bangkit dari ketertinggalan. Melalui sebuah semangat dan musyawarah terbangun kebersamaan di antara masyarakat sehingga tujuan dan sasaran pembangunan dengan mudah dicapai.

“ Bagi Tim Fasilitator, membangun kebersamaan di Aek Najaji tidak begitu sulit, karena BKM dan masyarakatnya  memang memiliki ikatan pemersatu yaitu antara satu dengan yang lainnya diikat tali persaudaraan yang erat atau satu ikatan darah. Namun demikian, Tim tetap mendengungkan kebersamaan merupakan modal dasar untuk melakukan sebuah perubahan yang baik, kata Senior Fasilitator Tim 06, Syafriansyah Nasution, bersama personil lainnya, Roy Simanjuntak ( faskel teknik ) , Awaluddin Siregar ( faskel CD ) dan Dina ( faskel ekonomi ) “.

“ Tidak akan berubah nasib suatu kaum, kalau bukan kaum itu yang merubahnya sendiri “. Dalil ini yang menjadikan masyarakat dan BKM termotiasi melakukan perubahan bagi diri, keluarga dan desanya. “ Kami harus bangkit membangun kampung ini menjadi lebih baik, agar hasilnya dapat dinikmati semua masyarakat, dan anak cucu kami nantinya, kata Koordinator BKM Aek Najaji, Khoiruddin.” . Kami akan memanfaatkan BLM yang dipercayakan pemerintah untuk dikelola bagi kemakmuran masyarakat. Cita – cita kami adalah mewujudkan kemandirian. Melalui PNPM –MP ini setidaknya mendorong proses kemandirian itu., jelas Khoiruddin Sekarang saja, katanya, kami selalu melakukan musyawarah setiap adanya permasalahan atau melahirkan gagasan. Hasilnya, dijadikan reprensi dalam bertindak secara bersama – sama. Alhamdulillah, masyarakat telah mengetahui, memahami dan turut melaksanakan setiap tahapan pembangunan, maupun aktiitas yang ada di Desa Aek Najaji, terang Khoiruddin. Dokumentasi Kegiatan Desa Aek Najaji.
5522526058 07843e564e Aek Najaji, Desa Kecil Yang Mandiri Di Sudut Kota Padangsidimpuan

Baca Juga :  Jalinsum Tanggal Padangsidimpuan Berlubang
Program: P2KP/PNPM MPNama KegiatanPemb. Gorong-gorong
Kota/Kabupaten: PadangsidimpuanVolume2 x 2,5 m
Kelurahan/Desa: Aek NajajiDana BLMRp 5.000.000,-
BKM: Aek NajajiSwadaya MasyarakatRp 1.000.000,-
KSM:BondarPenerima Manfaat15 KK
Tahun Pelaksanaan: 2009
Program: P2KP/PNPM MPNama KegiatanPemb. Jembatan
Kota/Kabupaten: PadangsidimpuanVolume4 x 2,5 m
Kelurahan/Desa: Aek NajajiDana BLMRp 45,000,000,-
BKM: Aek NajajiSwadaya MasyarakatRp 3,548,000
KSM:BondarPenerima Manfaat15 KK
Tahun Pelaksanaan: 2009
Program: P2KP/PNPM MPNama KegiatanRehab pemandian
Kota/Kabupaten: PadangsidimpuanVolume2×3 m
Kelurahan/Desa: Aek NajajiDana BLMRp 9.000.000,-
BKM: Aek NajajiSwadaya MasyarakatRp 1.000.000,-
KSM: MakmurPenerima Manfaat15 KK
Tahun Pelaksanaan: 2009

5522525904 752ed544d8 Aek Najaji, Desa Kecil Yang Mandiri Di Sudut Kota Padangsidimpuan

5522525836 8ac6ca448e Aek Najaji, Desa Kecil Yang Mandiri Di Sudut Kota Padangsidimpuan

*) Penulis;
————
5249082485 50106522ec m Aek Najaji, Desa Kecil Yang Mandiri Di Sudut Kota PadangsidimpuanAsisten Koordinator Kota 8 Padangsidimpuan – Sibolga Bidang Infrastruktur Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Konsultan Manajemen Wilayah 1 OC 1 Provinsi Sumatera Utara

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

3 Komentar

  1. saya pikir perlu agar antar masyarakat di suatu kelurahan untuk berkunjung ke kelurahan lainnya. untuk saling berbagi informasi dan pengalaman. terutama dalam kegiatan PNPM MP. untuk teman-teman di Korkot Padangsidimpuan, saya usulkan agar memperbaiki blog atau membuat blog baru untuk PNPM di Bumi Dalihan Natolu…
    moga jaya selalu sidimpuanku……

  2. Pak Rahdiansyah Pane:
    gak berkeberatan kan sesekali kami masyarakat Padangsidimpuan di undang berkunjung ke desa tersebut ?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*