Aek Siraisan, Potensi Wisata Palas yang Menjanjikan

%name Aek Siraisan, Potensi Wisata Palas yang Menjanjikan
Siraisan
Siapa yang tidak tau tempat wisata yang satu ini, ya siraisan namanya tempat favorit masyarakat padang lawas, bukan anak muda saja yang datang ke tempat ini tapi semua kalangan sudah tau bahwa siraisan merupakan tempat yang paling indah buat segala penghilang penat. Selain tempat rekreasi siraisan juga merupakan tempat orang buat cuci beras (mamasuh dahanon). Tak bisa di pungkiri selain pemandangan yang indah dan udara sejuk di iringi angin sepoi-sepoi yang membut kita terhanyut akan sentuhan indahnya sejuk sungai siraisan.
Selain itu aek siraisan juga mempunyai potensi alam yang terdiam disana, tapi sayang pemerintah kita belum dapat mengolahnya dengan teknologi, kadang terlihat hanya penduduk sekitar yang mencoba mengais sebutir emas itupun sangat sulit untuk mendapatkannya. kita sebagai penerus pemuda-pemudi padang lawas mari kita memirkan dari sekarang apa yang nanti kita bisa perbuat demi mengolah sumber daya alam yang sangar berpotensi itu demi kemakmuran bersama. – http://hitasibuhuan.blogspot.com/2013/02/wisata-alam.html

PALAS – Sungai di Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Palas yang terkenal dengan lokasi pemandian Aek Siraisan memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Dan setiap akhir pekan Sabtu dan Minggu, tempat ini ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah baik dari Palas maupun luar Palas.

Habib Hasibuan, salah satu warga Desa Pagarambira, Kecamatan Ulu Barumun, kepada METRO, Sabtu (29/3) menyebutkan, Aek Siraisan sejak dulu sudah menjadi objek wisata warga setempat.

Meski tidak sejernih dulu, Aek Siraisan sejak lama juga sudah menjadi lokasi pemandian bagi warga. Bukan itu saja, tempat ini juga selalu ramai didatangi pengunjung dari warga Palas di luar Desa Siraisan. Padahal Aek Siraisan tidak lebih dari layaknya sungai biasa.

“Tapi sudah menjadi keutamaan tempat ini ramai dikunjungi warga untuk sekedar mandi-mandi bersama teman atau keluarga. Utamanya di hari-hari Sabtu dan Minggu tempat ini akan ramai dikunjungi. Dan itu sudah menjadi kebiasaan tersendiri khususnya warga Palas, menikmati objek wisata sungai Siraisan ini secara alami, karena airnya memang air dari gunung,” sebut Habib yang mengaku sering berjualan saat hari-hari besar.

Saat hari besar, lanjut Habib, tempat ini akan padat dan ramai, sebab Aek Siraisan menawarkan rekreasi yang alami dan murah.

“Yang mau mandi bebas, bahkan kenderaan (kreta) atau mobil bisa masuk sampai ke tepi sungai itu, paling yang dikutip hanya parkir oleh pemuda setempat,” katanya. Mardansyah salah satu pengunjung mengatakan, merasa asri ketika berkunjung ke tempat ini yang menawarkan pemandangan dan pemandian yang alami.

Baca Juga :  Warga P.Sidimpuan Diminta Padamkan Listrik Saat Tinggalkan Rumah

Namun Mardan merasa janggal jika Pemkab Palas tidak punya inisiatif merancang tempat rekreasi tersebut sebagai tempat objek wisata lokal yang lebih baik lagi. Sehingga dari pengembangan objek wisata ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu penyumbang PAD. Dengan catatan pengelolaan Pemkab Palas dapat mewujudkan tempat ini menjadi objek wisata lokal.

“Tentunya untuk menjadikan tempat ini sebagai salah satu penyumbang PAD harus diperbaiki dan ditata dengan baik, sehingga tempat ini benar-benar terwujud sebagai salah satu objek wisata di Palas, dan ini tidak terlepas dari peran serta pemerintah,” ungkapnya. (tan)

Sumber: Metrosiantar.com
gambar dan Ket: www.hitasibuhuan.blogspot.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*