Agus Martowardoyo Menkeu Baru, Respon Pasar Bakal Positif – Kamis (20/5/2010) Dilantik di Istana

JAKARTA, Pengamat ekonomi, Ryan Kiryanto, memproyeksikan respon pasar akan sepenuhnya positif menerima Menteri Keuangan (Menkeu) baru yakni Agus Martowardoyo. “Reaksi pasar saya perkirakan akan positif besok setelah penunjukkan Agus Martowardoyo sebagai Menkeu,” kata Ryan Kiryanto di Jakarta, Rabu.

Economist BNI itu mengatakan, sosok Agus Martowardoyo sampai sejauh ini dikenal sebagai orang yang dekat dengan dunia usaha sehingga termasuk populer di kalangan investor dan pasar keuangan. Kepopuleran itu ditunjang dengan pengalamannya sebagai banker yang setiap saat selalu berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia usaha atau sektor riil saat masih menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri. “Ini akan memperkaya proses pengambilan kebijakan dari sisi fiskal,” katanya.

Ryan juga menilai penunjukkan Agus Martowardoyo sebagai pengganti Sri Mulyani merupakan keputusan terbaik.  Menurut dia, semua pihak jangan melihat ke arah sosok Menkeu-nya saja tetapi pada paket alias duet pimpinan teratas Kementerian Keuangan yang baru saja diputuskan Presiden yakni antara Agus Martowardoyo sebagai Menkeu dan Ani Ratnawati (mantan Dirjen Anggaran) sebagai Wakil Menkeu.

“Jangan hanya dilihat sosok Menkeu-nya tetapi lebih pada duet ini, saya yakin pasar akan memberikan reaksi yang baik besok,” katanya. Ia berpendapat, duet tersebut dari sisi regulasi akan mampu melanjutkan proses kesinambungan kebijakan yang dibuat Menkeu sebelumnya. “Reformasi dan kebijakan yang dilakukan Sri Mulyani akan terus berlanjut,” demikian Ryan Kiryanto.

Baca Juga :  Cara Cirus Sinaga Hilangkan Pasal Korupsi untuk Gayus

Esok, Menkeu-Wamenkeu Dilantik di Istana

KOMPAS.com – Menteri Keuangan dan Wakil Menteri Keuangan yang baru dijadwalkan akan dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (20/5/2010) esok. Kedua pejabat baru di Kabinet Indonesia Bersatu II tersebut diumumkan Presiden SBY di Puri Cikeas, Rabu malam.

“Menteri Keuangan dan Wakil Menteri Keuangan yang baru dilantik di Istana Negara pada Kamis esok pukul 15.00,” ujar Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha kepada Kompas.com, Rabu (19/5/2010) di Puri Cikeas.

Terpilih sebagai Menteri Keuangan yang baru menggantikan Sri Mulyani Indrawati adalah Agus Martowardojo yang kini masih menjabat Direktur Utama Bank Mandiri. Sementara untuk Wakil Menteri Keuangan, Presiden SBY memilih Anny Ratnawati yang kini masih menjabat Direktur Jenderal Anggaran Kementrian Keuangan.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*