Air terjun Sampuran Damparan, objek wisata alam di Tapsel

Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) secara umum dikenal sebagai wilayah pertanian. Beriklim tropis dan Gunung Sibual-buali sebagai penanda khas lainnya. Pun demikian, daerah ini ternyata juga kaya potensi pariwisata.

Bukan hanya dilirik lewat potret alamnya, tapi juga lukisan peninggalan sejarah yang menceritakan sejarah kebudayaannya. Salah satu objek wisata alam yang cukup potensial adalah air terjun Sampuran di Damparan.

Damparan adalah sebuah dusun di Desa Damparan Hauntas, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia.

Damparan Haunatas ini dibentuk pada tahun 2008 sebagai hasil penggabungan desa Damparan, Galanggang, Haunatas, dan Lumban Hariara. Pusat pemerintahan desa ini berada di dusun Damparan.

air terjun damparanSektor pariwisata Tapsel sebenarnya cukup petensial. Hanya saja potensi ini masih membutuhkan perhatian khusus. Pasalnya, hampir seluruh potensi ini belum mampu memberi kontribusi signfikan terhadap sektor perekonomian untuk menggenjot pendapatan asli daerah.

Padahal jika dilihat dari jumlah potensi wisata yang ada, bukan tidak mungkin sektor ini akan menjadi sektor andalan selain sektor pertanian.

Lantas, apa pasal sehingga potensi pariwisata Tapsel hingga kini sepertinya masih berjalan di tempat?

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Air terjun Silima-lima, ‘harta karun’ tersembunyi Tapanuli Selatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*