AKBP Dra Rina Sari Ginting – Wanita Pertama Kapolres di Sumut

(Pos Kota) – Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dra Rina Sari Ginting resmi, ditetapkan sebagai Kapolresta Binjai oleh Kapoldasu Irjen Pol Oegroseno SH, Senin (22/2) lalu. Walaupun menjadi orang nomor satu di Kepolisian Resort Binjai menggantikan AKBP Robert Kennedy, namun diakuinya bahwa semua adalah amanah dari pimpinan.

Patut diingat, Rina yang tidak pelit dengan senyumannya ini tercatat dalam sejarah di jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Sumut), wanita pertama menjabat sebagai Kapolresta. Tidak hanya itu, dia juga tercatat sebagai wanita pertama yang menjabat Kapolsekta di jajaran Kepolisian Kota Besar Medan dan beberapa jabatan penting lainnya di Polda Sumut.
Rina adalah sosok pemimpin yang dekat dengan bawahannya. Hal ini terbukti dua kali menjabat sebagai Kapolsek yakni Kapolsek Medan Barat, 17 Mei 2001 dan Kaposekta Medan Kota 1 Oktober 2001.

Begitu juga saat isteri Willem Bangun SH MSi ini menerima Pos Kota di ruang kerjanya, Minggu (9/5). “Apa kabar dek,” sapanya dengan senyum.

Selain dikenal tegas, wanita kelahiran Juhar, Tanah Karo, 29 November 1963 ini, juga dikenal santun dan pandai menempatkan diri. Tak heran, Rina bukan hanya mampu menjalin hubungan baik dengan anggota tetapi bisa menjalin hubungan baik dengan  jajaran samping. Seperti mengadakan kegiatan olahraga bersama TNI.

Sebagai pemimpin tertinggi di Polresta Binjai, Rina, juga akan menindak anggota yang terlibat dalam tindak pidana. Selain itu ia juga memberi kesempatan pada semua anggota untuk unjuk prestasi. Begitu juga AKBP Dra Rina Sari Ginting sangat lengket dengan kalangan pers.  Mulai sejak menjabat sebagai Kapolsekta maupun Kapolres, kalangan pers dipermudah untuk mendapatkan informasi. “Saya tetap memacu anggota agar berbuat yang terbaik, terlebih kepada masyarakat. Karena sebagai prajurit tugas pokok dan fungsinya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,”ucapnya.

Baca Juga :  87.490 Akseptor Aktif Di Sidimpuan, Tapsel Dan Madina

Tapi bagi Rina, prestasi bukan hanya menangkap penjahat. Artinya, Kapolsekta yang daerahnya aman tak harus takut dianggap tidak  berprestasi. “Bisa menciptakan daerah aman itu sudah prestasi. Salah satu tugas utama polisi menciptakan situasi aman,” katanya.

Wanita yang menjadi ibu tiga anak, Ruben Bangun, Romy Bangun dan Wina Bangun, memang berobsesi besar untuk menciptakan Kota Binjai yang aman tertib serta nyaman bagi warga. “Semua ini terwujud bukan semata-mata dari saya, tapi anggota juga ikut serta. Tanpa anggota saya tidak ada apa-apanya, untuk itu jika ada waktu luang saya menyempatkan diri untuk ngobrol dengan anggota untuk mengetahui permasalahan dibawah,” jelasnya.

Dalam hal kesalahan yang dilakukan oleh anggotanya terlebih kepada masyarakat dirinya tidak main-main. “Siapapun anggota yang menyakiti masyarakat akan saya tindak tegas,”katanya.

Terkait pengamanan pemilihan kepala daerah Kota Binjai, 12 Mei mendatang, AKBP Dra Rina Sari Ginting, meminta agar masyarakat, kelompok maupun organisasi dan jurnalis di Kota Binjai, sama-sama menjaga kondusivitas menjelang pilkada.
Menurutnya, media cetak maupun elektronik sangat memiliki peranan penting dalam penyampaian berita. Karena pers adalah lembaga penyampaian informasi kepada masyarakat.

“Jika informasi yang disampaikan baik dan berimbang, maka pemahaman masyarakat juga ikut membaik. Wanita yang  aktif bahasa Jawa ini, menambahkan dalam pengamanan Pilkada di Binjai, pihaknya berkordinasi dengan TNI maupun Brimob.

Baca Juga :  Banjir Medan - Ribuan Warga Mengungsi ke Jalan

(kristo samosir/sir)

Biodata

Nama: AKBP Dra Rina Sari Ginting
Jabatan: Kapolresta Binjai
Tempat/Tanggal Lahir: Juhar/ 29 November 1963
Nama Suami: Willem Bangun SH MSi
Anak 3 Orang:
1. Ruben Bangun
2. Romy Bangun
3. Wina Bangun

Riwayat Jabatan:
BA Sekolah Polisi Wanita 1983/1988
BA Biro Pers Polda Metro Jaya 1988/1992
Paur Jianma Ditlantas Polda Sumut 21-10-1993
Pama PTIK (Dalam Rangka Dik) 31-08-1994
Paur Ren Set Dit Lantas Polda Sumut 01-12-1999
Waka Sat Lantas Poltabes MS 01-06-2000
Kapolsekta Medan Barat 17-05-2001
Kapolsekta Medan Kota 01-10-2001
Kabagmin Poltabes MS 21-10-2002
Kasubbak Rilmat Bag Binjah Ro Pers 13-04-2005
Kasubbak Seleksi Bag Dalpres Ro Pres 20-10-2006
Wakapolres Deli Serdang 04-07-2006
Kabag Starbag Biro Renbang Polda Sumut 22-02-2008
Kapolresta Binjai 17-03-2010.

Sumber: http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/05/09/wanita-pertama-kapolres-di-sumut

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*