Akhirnya Koruptor Pemkab Tapsel Dipenjarakan Pengadilan Negeri Padangsidimpuan

1602389943087239d7869d6faab9a8a8da714a84 Akhirnya Koruptor Pemkab Tapsel Dipenjarakan Pengadilan Negeri Padangsidimpuan
Kadishut Tapsel, Sahgiman Siregar

Padangsidimpuan, Setelah kasus kejahatan pemalsuan dokumen PT. PLS (Panei Lika Sejahtera), korupsi 8 milyar bank garansi DR dan PSDH IPK (izin pemanfatan kayu) PT. PLS dan penggelapan 29.000 M3 kayu Pt. PLS diributkan LSM ALARM Tabagsel dan WALHI Sumut sejak tahun 2009, dan mengalami proses penyidikan yang bertele-tele di Poldasu dan Kejatisu yang mengesankan seolah Kadishut Tapsel kebal hukum karena selama penyidikan masih bebas keliaran di luar bahkan Bupati Tapsel masih pertahankan jabatan Kadishut, akhirnya setelah berkas perkaranya dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN)-Psp, majelis hakim PN-Psp menetapkan penahanan Kadishut Tapsel segera masuk penjara Salambue di Kota Psp.

Kasus Kadishut Tapsel, Sahgiman Siregar bersama komplotannya cukong illegal logging Herry Jusman dalam perkara pidana No. 200/Pid.B/2012/PN-Psp dan No. 201/Pid.B/2012/PN-Psp digelar sidang perdananya pada hari Senin 30 April 2012 di ruang sidang PN-Psp dengan pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Psp.

Sebelum sidang ditutup untuk dilanjutkan pada hari Senin minggu depan tgl. 7 Mei 2012, majelis hakim dipimpin hakim ketua Faisal, SH dengan hakim anggota Lodewiyk Simanjuntakdan Sobirin, SH membacakan Surat penahanan No. 200/Pid.H/2012/PN-Psp dan surat penahanan No. 201/Pid.H/2012/PN-Psp yang menetapkan Kadishut Sahgiman Siregar dan komplotannya Herry Jusman ditahan selama 30 hari sampai tgl 29 Mei 2012 di Penjara lapas Salambue di Kota Psp.

Baca Juga :  Photo Eksklusive Penyergapan Teroris di Serdang Bedagai

Menanggapi fakta bahwa Kadishut Sahgiman Siregar bersama cukong Herry Jusman baru diperkarakan dalam kasus kejahatan pemalsuan dokumen, “Di satu sisi kita wajar salut kepada PN-Psp yang telah beritikad menegakkan hukum secara jujur dan adil, namun kasus kejahatan korupsi 8 milyar bank garansi PT. PLS dan penggelapan 29.000 M3 kayu IPK PT. PLS yang ditadah PT. Ondop Perkasa Makmur (OPM) kini ANJ Agri, perlu segera disidik oleh Kejari Psp dan dilimpahkan Kejari Psp ke PN-Psp”, ujar aktifis ALARM, Ryzach Morniff pada pers.

Sampai tadi sore terlihat banyak staf Dishut Tapsel datang mengunjungi atasannya di penjara Salambue. Sementara sikap Bupati Tapsel, Syahrul Pasaribu yang selama hampir 2 tahun periode jabatannya membiarkan deretan kasus bawahannya Kadishut Sahgiman Siregar, bahkan masih mempertahankan Sahgiman Siregar yang sudah jadi Tersangka tetap menduduki jabatan Kadishut Kab. Tapsel, hingga kini belum terlihat melakukan upaya menyelamatkan citra dan wibawa Pemkab Tapsel dan Dishut Tapsel yang sudah babak-belur dihajar bongkaran timbunan kasus. SMS konfirmasi pers minta tanggapan Bupati Syahrul Pasaribu sampai kini tak dijawab.    ( ARM-H )

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*