Akibat Musim Badai Tangkapan Ikan Nalayan Natal Menurun

Panyabungan, Dalam beberapa hari terakhir hasil tangkapan ikan nelayan Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menurun. Penyebabnya musim badai, sehingga banyak nelayan yang tidak melaut.

Demikian pengakuan Dembong seorang pengecer ikan di Pasar Natal kepada BATAKPOS, Selasa (8/6). “Musim badai yang melanda Natal dan sekitarnya berdampak pada berkurangnya ikan laut di pasar ini. Kita pun dalam mencari ikan kepada nelayan cukup sulit untuk mendapatkan dari seperti yang biasanya”. jelasnya.

Namun, biarpun musim badai, para pengecer ikan di pasar tersebut tidak menaikkan harga penjualan kepada konsumen, “Harga masih stabil. Tidak ada ikan yang kita naikkan meskipun stok kita hanya sedikit, dan kita cukup kewalahan atas permintaan konsumen apalagi  Selasa merupakan hari pekan di Natal  sehingga banyak masyarakat yang datang dari berbagai desa dan pelosok untuk membeli kebutuhan selama satu minggu ini,” jelasnya.

Dikatakannya,  harga ikan di Pasar Natal seperti ikan bawal basah Rp75.000 per kilogram, ikan bawal hitam Rp60.000 per kilogram, kakap Rp25.000 per kilogram, kepiting Rp45.000 per kilogram, krapu Rp50.000 per kilogram, udang kelong Rp90.000 per kilogram dan ikan pari Rp20.000 per kilogram.

Sementara itu, harga ikan asin pada tingkat pengecer tidak normal disebabkan dua faktor, yakni  musim badai dan akibat pengaruh pilkada, banyak nelayan yang sibuk membahas politik sehingga lupa melaut.

Baca Juga :  Pasar Ramadan Alun-alun Kota Gunung Tua Dibongkar

Harga ikan asin tuwi Rp25.000 per kilogram, teri cas belang Rp35.000 per kilogram, teri tawar Rp.40.000 per kilogramnya.

“Kalau soal musim badai, itu hal yang biasa terjadi. Akan tetapi yang sangat kita sayangkan sebagian nelayan sibuk membahas politik apalagi menjelang pilkada. Sehingga usaha sebagai nelayan ditinggalkan, padahal tidak usah ditinggalkan pun tidak akan mengubah pemilu tetap jalan,” ujar Rusdi salah seorang tokoh masyarakat.

Sumber: http://batakpos-online.com/content/view/14793/42/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*