Aktivitas Gunung Krakatau Meningkat

Aktivitas Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda meningkat dalam sepekan terakhir ini. Gunung Anak Krakatau atau GAK kini dalam status waspada dan tidak boleh didekati dalam radius 3 kilometer.

Dihubungi pada Jumat (29/10/2010), Wawan Setianto, petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Wilayah Krakatau, mengungkapkan, beberapa hari terakhir ini di GAK terjadi peningkatan aktivitas gempa vulkanik.

“Dari biasanya hanya di bawah 20 kali per hari, kini gempa vulkanik menjadi 35 kali per hari. Abu vulkanik juga terlihat lebih tinggi, hingga 1 kilometer,” ujarnya.

GAK yang kini telah berstatus Waspada dilarang untuk didekati, setidaknya dalam radius 2 kilometer. Baik nelayan maupun pengunjung diimbau berhati-hati saat mendekati areal Pulau GAK. Aktivitas pengamatan GAK pun kini lebih banyak dilakukan di Pulau Sertung dan Panjang. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*