Alu-alu tu ompung Sisingamangaraja

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan besar sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Oleh: Shohibul Anshor Siregar *)


Merdeka. Nilai terbesar yang saya fahami adalah "bangunlah jiwanya, bangunlah badannya".

Karena dibuat tak pernah berhak atas tanah sendiri, kita usirlah penjajah itu dengan pengorbanan darah.Kalau. kini kita sudah makin sulit mendapatkan kehidupan di tanah sendiri karena munculnya penjajahan yang lebih kukuh dari sebelumnya, maka Indonesia dan bangsa Indonesia 100 % telah gagal.

Saya tak bisa mendengar dan menerima retorika mereka yang kerap menipu atas nama bangsa, negara dan tanah air.
Pagi ini, sebagai dampak “pertengkaran” saya dengan seseorang pragmatis, saya pun merenung. Renungan itu biasanya akan lebih baik dan lebih sempurna didialogkan dalam diri sendiri dengan bahas ibu. Begini:

Hami di Tano Batak. Adong do dua tolu uju I na gabe dongan ni Bolanda. Alai tong mudar ni Batak do na monang. Mangalo si Bontar mata i. Hulutu-lutu hami do asa maporus I sude.

Dang ala ni hata ni Soekarno. Dang panguluhonna umbahen hami marapi purun mangalo Bolanda i. Daong. Ai so pola ajaran ni halak hami halak Batak on marnegara. Dalihan Na Tolu I do guru nami, tarsongon nidok ni umpama, tungkot sialagundi na huihuthon hami sian pudi.

Baca Juga :  Menanam Aren Untuk Kemakmuran Rakyat

Godang do hami mate ditembahi Bolanda i. Godang muse do na gabe mabalu. Dakdanak na so marama, ala ni sangkap na laho mardeka i. Arga do bangso on. Arga do bona ni pinasa (bangsa dan tanah air).

Dang pola huboto hami aha lapatan ni mardeka on uju i. Ido kedan. Tutu do. Alai holan sada do na huantusi hami: “ikkon hita do suhut di hutanta”. Ala dang jampurut hita. Dang bangso sitalu-talu hita. Ai luat na asing pe taurupi do na mangalo Bolanda on uju i.
Hinorhon ni I ma sude gabe maradu hatop mangalap hamamate di porang uju i. Ummarga do hasangapon sian mudar di sude bangso Batak.

Ise do na olo mandok mauliate tu angka ompung na mate marporangi? Holan udean ni angka ompung on pe so haidaan sonnari.

Ompung Sisingamangaraja. Sahat ma bura-bura mi ompung, tu hami si laosi poda on. Tonggohon ma ompung. Tonggohon ma. Unang apala ronggur I ma manittakhon hami angka silaosi poda on. Tonggohon ma ompung.

Terimakasih

_____________________________________________________________________________

*) Penulis: dosen sosiologi politik FISIP UMSU, Koordinator Umum nBASIS'

n’BASIS adalah sebuah Yayasan yang didirikan tahun 1999 oleh sejumlah akademisi dan praktisi dalam berbagai disiplin (ilmu dan keahlian). ‘nBASIS adalah singkatan dari Pengembangan Basis Sosial Inisiatif dan Swadaya dan memusatkan perhatiannya pada gerakan intelektual dengan strategi pemberdayaan masyarakat, pendidikan, perkuatan basis ekonomi dan kemandirian individu serta kelompok.
_____________________________________________________________________________

Baca Juga :  Perilaku Makan Anak Sekolah

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*