Amangoi….!!! Guru Honor Daerah Kab. PALUTA Tak Gajian 6 Bulan

no money Amangoi....!!! Guru Honor Daerah Kab. PALUTA Tak Gajian 6 Bulan Guru honor daerah di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengeluhkan belum cairnya gaji mereka selama enama bulan, terhitung bulan Januari hingga Juni 2010. Jumlah guru honor daerah di Paluta saat ini sekitar 100 orang.

“Sejak Januari sampai sekarang, kami guru honorer daerah di lingkungan Dinas Pendidikan Paluta belum menerima gaji, yakni sebesar Rp800.000 per bulan (enam bulan Rp4.800.000, red),” kata salah seorang guru honor daerah, M Pane didampingi rekannya kepada METRO, Senin (1/6).

M Pane yang mengajar di salah satu SDN di Desa Sungai Durian Kecamatan Padang Bolak mengaku, meski belum menerima gaji, dirinya terus menjalankan tugasnya mengajar dan mendidik murid di SD tempatnya bertugas.

“Bayangkan dek, dari rumah ke sekolah mengajar menempuh perjalanan lebih kurang 25 kilometer. Dengan jarak tempuh sejauh itu, saya harus mengeluarkan biaya per hari Rp25.000 untuk membeli bensin sepedamotor. Jika dikalkulasikan selama 26 hari kerja, maka biaya yang dikeluarkan Rp625.000 dalam sebulan. Bayangkan saja, besarnya biaya yang saya keluarkan untuk ongkos dan biaya hidup lainnya. Kalau tidak gajian terus bagaimana kami untuk bertahan,” keluhnya.

Senada diutarakan P Siregar, guru lainnya. Dirinya mengeluh karena sudah enam bulan tidak mendapat gaji sepeser pun. “Tenaga pengajar itu juga manusia biasa yang harus memenuhi kebutuhan hidup. Jika sudah 6 bulan tak gajian, mau makan apa kami,” tukasnya.

Baca Juga :  Polisi Kawal Soal UN 24 Jam Dititipkan di Sub Rayon Sekolah

Keduanya hanya bisa berharap Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap agar memperhatikan guru yang berstatus honor di daerah Paluta, serta pihak terkait agar segera merealisasikan pembayaran gaji para guru honor daerah yang tidak gajian selama enam bulan.

Kasubbag Keuangan Dinas Pendidikan Paluta Jonson Siregar SSos, yang dikonfirmasi terkait para guru honor daerah yang belum menerima gaji selama 6 bulan, membenarkannya. “Memang benar gaji para guru honor daerah di lingkungan Dinas Pendidikan Paluta belum dibayarkan selama 6 bulan. Keterlambatan penyaluran gaji honor daerah di Paluta yang berjumlah sekitar 100 orang itu disebabkan karena belum adanya pengguna anggaran di Dinas Pendidikan. Apabila nanti sudah ada pengguna anggaran tersebut, insya Allah akan segera kita realisasikan,” katanya singkat.

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/Guru_Honor_Daerah_Tak_Gajian_6_Bulan

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

3 Komentar

  1. pada saat negara Jepang hancur diserang oleh Amerika yang pertama kali ditanya adalah “berapa lagi Guru yang masih hidup? namun kenyataan nya d negara kita khususnya di Daerah padang lawas utara Guru dikesampingkan… Guru Honor juga Manusia>>

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*