Amankan Android, Google Beli Ratusan Paten IBM

Awal tahun 2012 ini, Google mendapat ketambahan 187 paten dan 36 aplikasi yang dibeli dari IBM. Ini merupakan kesekian kalinya, Google mendapatkan paten milik IBM, sebelumnya Google telah membeli 1000 paten dari IBM.

Pembelian paten ini dilakukan Google ditengarai untuk menyelamatkan Android yang mulai diserang kompetitornya seperti Apple dan Mincrosoft dengan isu paten.

Ratusan paten tambahan tersebut termasuk paten sistem yang menggunakan jaringan semantik untuk membangun jejaring sosial. Sebelumnya  Google juga telah membeli paten yang dimiliki Motorola Mobility sebanyak 2.400 paten untuk mengembangkan sistem operasi Android, sejak Agustus 2011. Pembelian paten ini menghabiskan biaya 12,5 miliar dollar AS.

Vicki Salmon, ketua komite litigasi Chartered Institute of Patent Attorneys Inggris percaya, pembelian paten ini dilakukan Google untuk melindungi teknologi yang sedang digunakan saat ini sehingga mereka bisa tenang dalam merencanakan masa depan.

Google pernah berseteru dengan kompetitornya karena memperebutkan 6000 paten Nortel saat perusahaan ini bangkrut.  Paten yang diperebutkan diantaranya teknologi seputar jaringan nirkabel, 4G, data networking, optik, suara, internet, service provider, semi konduktor, dan portfolio paten lainnya.

Pada kasus ini, Apple, EMC, Ericsson, Microsoft, Research in Motion, dan Sony disebut membuat konsorsium untuk menjegal Google. Meski Google menawarkan 900 juta dollar AS untuk membeli paten Nortel namun tetap kalah di pengadilan oleh konsorsium berbagai perusahaan besar tersebut. (*)

Baca Juga :  Ilmuwan gunakan E.coli untuk buat bahan bakar alternatif


Editor : Sofyan Akbar
Sumber : Kompas.com
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*