Amankan Pilkada, Kapolres Sidimpuan Pakai Formasi 1-1-2

Tribun Medan / Arifin Al Alamudi

PADANGSIDIMPUAN – Dalam olahraga sepakbola, formasi sudah menjadi hal yang wajib dibahas. Apakah menggunakan formasi 4-4-2, 4-3-3, 4-2-3-1, dan lain sebagainya.

Namun, bagi Kapolres Kota Padangsidimpuan, AKBP Andi Syahriful Taufik, untuk pengamanan juga butuh formasi. Khusus untuk pengamanan Pilkada Sidimpuan yang akan berlangsung 18 Oktober 2012, Kapolres Andi menggunakan formasi 1-1-2.

“Untuk pengamanan pilkada kita pakai formasi 1-1-2. Di tiap 1 TPS, akan dijaga oleh 1 personil polisi dan 2 personil Linmas,” ujarnya usai memimpin apel gelar pasukan dan simulasi pengamanan Pilkada Sidimpuan di Lapangan Naposo, Selasa (16/10/2012).

Untuk bisa memenuhi kebutuhan pengamanan tersebut, Andi mengaku mengerahkan 721 polisi.

Sebanyak 226 personel dari Polres Padangsidimpuan. Sedangkan sisanya sebanyak 495 personel BKO (bawah kendali operasi) dari satuan Brimob dan 5 polres tetangga, Polres Tapsel, Madina, Tapteng, Sibolga, dan Labuhanbatu.

“Tiap TPS akan dijaga 1 polisi, sedangkan sisa personil akan dicadangkan di beberapa titik. Seperti KPU, Panwas, DPRD, Kantor Wali Kota dan lain sebagainya,” jelasnya.

Sedangkan untuk Pelindungan Masyarakat (Linmas) KPU Sidimpuan sudah merekrut sebanyak 1.212 personel dari masyarakat.

Selain Polisi dan Linmas, pengamanan Pilkada Sidimpuan yang diikuti enam pasangan calon ini juga akan dibantu oleh 110 personel TNI. Personel TNI ini akan diturunkan jika keadaan mendesak dan terjadi kekacauan hebat.

Baca Juga :  Siapkan Hukum, LPI Jalan Terus!

Dalam apel ini, Dir Shabar Polda Sumut Kolonel D Sinuraya turun langsung melakukan pengecekan pasukan. Usai apel, dilakukan simulasi pengamanan pilkada. (rif/tribun-medan.com)

 

Editor : suhendri
Sumber : Tribunnews
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*