Amerika Ingin Tingkatkan Kerjasama Pendidikan

Amerika Serikat ingin meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan dengan Indonesia khususnya Sumatera Utara. Pasalnya jumlah pelajar Indonesia yang mengikuti program pertukaran pelajar ke Negeri Paman Sam semakin berkurang.

Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia, Scott Marciel pada Perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat Ke-236 di Grand Ball Room JW Marriot Hotel Medan, Jumat (29/6) lalu.

Berdasarkan data yang dimiliki Dewan Kerjasama Indonesia-AS untuk Kemitraan Pendidikan Tinggi (Indonesia-US Joint Council on Higher Education Partnership jumlah pertukaran pelajar antara kedua negara saat ini hanya sekitar 7 ribu orang. Padahal sekitar tahun 1980 sampai 1990-an jumlah pertukaran pelajar mencapai 14 ribu mahasiswa. Namun jumlahnya semakin berkurang pascaperistiwa 11 September 2001.

Sebelas tahun peristiwa itu sudah berlalu, Amerika ingin kembali meningkatkan kerjasama dibidang pendidikan. Terutama dengan provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Pasalnya, dari 7 ribu pelajar yang ada di Amerika, sebagian besar berasal dari Pulau Jawa.

“Kami fokus meningkatkan hubungan pendidikan. Belum banyak pertukaran pelajar dari Sumatera. Saya berharap akan lebih ditingkatkan,” ujar Scot Marciel.(Tribun-Medan)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*