Amitabh Bachchan Perankan Hazare Si ‘Gandhi Baru’ India

TEMPO Interaktif, Mumbai – Kisah aktivis anti korupsi Anna Hazare yang dikenal luas sebagai ‘Gandhi Baru’ dari India akan difilmkan. Tak tanggung-tanggung pemeran utamanya adalah artis senior Bollywood, Amitabh Bachchan.

Judul film tentang perjuangan damai Anna adalah Satyagraha. Kisahnya akan mengangkat perjuangan tanpa kekerasan untuk melawan korupsi di India. Satyagraha juga merupakan prinsip dasar gerakan yang diajarkan Mahatma Gandhi. Artinya Satyagraha adalah keteguhan yang berpegang pada kebenaran.

Satyagraha akan disutradarai oleh Prakash Jha. Prakash adalah sutradara kontroversial yang baru saja merilis film Aarakshan. Film Aarakshan menjadi box office di India, tetapi di sisi lain juga mengalami pelarangan untuk diputar di sejumlah negara bagian.

“Saya dalam tahap pengerjaan skript Satyagraha,” ujar Prakash. Ia mengaku belum merampungkan tahap pemilihan pemain. Tapi peran utama, sudah jelas ada di tangan Amitabh Bachchan.

Prakash menyatakan gerakan yang dibawa Anna telah mengubah India. “Ini belum pernah terjadi sebelumnya dan luar biasa,” papar dia. Tapi, Prakash merasa, motif dari gerakan Anna harus lebih spesifik.

“Kenapa tidak memulai dengan hal yang mudah, seperti berkampanye melawan orang yang memberi atau menerima suap,” papar Prakash

Sebelumnya ribuan warga India membanjiri jalanan di New Delhi pada Rabu, 17 Agustus 2011. Mereka menunjukkan solidaritas atas penahanan Anna Harare yang ditahan sehari setelah dia bersiap melakukan mogok makan terbuka untuk mendesak serius pemerintah dalam melaksanakan langkah-langkah antikorupsi.

Baca Juga :  Justin Bieber Ajak Orang Adopsi Binatang Telantar

Namun aktivis berusia 74 tahun ini segera dibebaskan pada 18 Agustus 2011 setelah sekitar 3 ribu pendukungnya mengadakan aksi di luar tahanan.

ZEENEWS.INDIA.COM| DIANING SARI

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*