AMPBB Lapor Kecurangan Seleksi CPNS P.Sidimpuan ke Poldasu

Dugaan kecurangan seleksi CPNS Formasi 2009 dan 2010 di Kota P.Sidimpuan diadukan langsung kepada Kapolda Sumatera Utara, Irjen Drs Oegroseno,SH. Pengaduan ini sesuai siaran pers dari Aliansi Mahasiswa Peduli Birokrasi Bersih (AMPBB), Kamis (10/2).

Menurut keterangan AMPBB yang tergabung dari AMMPKP, KAM Pembaharuan USU, KOM Tabagsel, Jamsu, yang dikordinatori I Andi Lumalo Harahap, II Halomoan Harahap pengaduan tersebut ditembuskan ke Kapolri, Menpan, di Jakarta, Gubsu, Ketua DPRD dan Walikota serta BKD Kota P.Sidimpuan.

Langkah AMPBB mengadukan dugaan kecurangan seleksi CPNS formasi 2009-2010 setelah mereka (AMPBB-red) melakukan investigasi, dan hasilnya menurut mereka (AMPBB-red) adanya kejanggalan.

Kejanggalan seleksi CPNS 2009 kota P.Sidimpuan menurut penilaian AMPBB terkuak, berkas atas nama Irma Yanti Rangkuti, yaitu berupa izajah yang ditandatangani oleh Rektor pada tanggal 30 Desember 2009.

Dimana, keputusan walikota Nomor 800/6524/2009 tentang, penerimaan pegawai negeri sipil (P.Sidimpuan) dari pelamar umum formasi (2009) bahwa pendaftaran ditutup 13 Nopember 2009 selambat-lambatnya pukul 12.00 Wib, dan tidak dibenarkan Surat Keterangan Tanda Lulus Sementara (SKTL).

Selanjutnya, AMPBB juga menduga sinyalemen kecurangan panitia penerimaan seleksi CPNS formasi 2010 yaitu nomor ujian 205480010 pada penyuluh kesehatan masyarakat S-1 yang dinyatakan sebagai pemenang melalui keputusan walikota P.Sidimpuan Nomor 309/KPTS/2010, namun, disinyalir dengan nomor ujian diatas tidak hadir pada saat pelaksanaan ujian.

Baca Juga :  Panyanggar kelurahan terbaik di Padangsidimpuan

“Bukti Foto copi ijazah Irma Yanti Rangkuti, pernytaan tertulis peserta satu ruangan yang kami duga bermasalah pada Tahun 2010, SK Walikota pada 2009 dan 2010 tentang seleksi CPNS dan pengumuman pemenang, juga absensi berita acara pada saat pelaksanaan ujian 2010, kami lampirkan dalam pengaduan ke Kapolda Sumut,” ujar AMPBB dalam siaran persnya.

AMPBB berharap pengaduan mereka tersebut untuk ditindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku demi terciptanaya bumi dalihan natolu yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme yang dilakukan oknum pejabat Pemko.

Lebih lanjut dikabarkan, kehadiran sebanyak 7 orang AMPBB termasuk didalamnya salah seorang diduga (korban) peserta ujian seleski CPNS 2010 Enda Mora Dalimunthe di Mapoldasu. Diruang pengaduan masyarakat mereka diterima Kompol Elfan, SH sekitar pukul 10.25 Wib, Kamis (10/2).

Dari situ mereka di sarankan langsung ke bagian penkum, karena surat pengaduan yang ditujukan langsung ke Kapolda Irjen.Drs Oegroseno SH, dan diterima Muhammad Isa.

“Kita disuruh menghadap lagi 3 hari kedepan untuk menanyakan perkembangan surat pengaduan kita,” ujar Halomoan Harahap.

Pusat Kantongi Bukti Kecurangan CPNS di Sumut

Sebagaimana diketahui, pusat telah mengantongi bukti kecurangan CPNS di Sumut. Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sudah mengantongi sejumlah bukti kecurangan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2010 di wilayah Sumut.

Baca Juga :  12.079 RTS Padangsidimpuan Kembali Dimutakhirkan

Disebutkan, bukti-bukti didapat dari laporan yang masuk ke kemenpan-RB. Guna memastikan akurasi bukti, kementrian yang dipimpin EE Mangindaan itu akan segera mengirim tim invstigasi ke Sumut, bulan ini juga.
Bahkan, Deputi SDM Bidang Aparatur Kementerianpan-RB Ramli Naibaho menjelaskan, tim investigasi ini juga melibatkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Ironisnya, dari laporan yang masuk, kecurangan terbanyak terjadi di Sumut. “Data akan kita cross check. Dan memang terbanyak laporannya itu di Sumut. Tahun lalu juga di Sumut cukup banyak,” sebut Ramli Naibaho di Jakarta, sebagaimana dikutip dari media. *** (inimedanbung.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Mungkinkah KKN CPNS ini bs di tindak?? Bagi anggota AMPBB hati2 bila ada m’iming2i duit ke keluarga anda agar masalah ini jgn di perpanjang.. Karna udah tradisi, Kasih Uang Habis Perkara.. dan TERLUPAKAN..
    Di depan rumah tuh ada suami istri gol CPNS PSP 2010 pake duit @100jt..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*