Anggaran Panwaslu Tapsel Hanya Cukup Bayar Honor 2 Bulan

Rabu, 17 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

TAPSEL-METRO; Panwaslu Kabupaten Tapsel untuk Pemilukada Tapsel 12 Mei 2010 mendatang mengeluh karena anggaran Panwaslukada Tapsel yang disahkan DPRD Tapsel 4 Pebruari lalu hanya sebesar Rp750 juta untuk dua putaran. Dana tersebut hanya cukup untuk honor perangkat panwaslukada sekitar dua bulan saja.

Demikian dikatakan Ketua Panwaslukada Tapsel, M Abdu Siregar SH kepada METRO, Rabu (16/2).

Menurutnya, anggaran tersebut hanya cukup untuk honor seluruh perangkat panwaslukada mulai dari panwas kabupaten, kecamatan hingga panwas lapangan. “Sangat minim dan kami perkirakan hanya cukup untuk bayar honor dua bulan perangkat panwaslukada saja, dan kami pikir ini sangat tidak cukup,” sebutnya.

Dikatakannya, honor untuk panwaslukada lapangan sebanyak 246 orang per bulannya Rp400 ribu atau sekitar Rp98.400.000, kemudian honor untuk panwas kecamatan sebanyak 36 orang Rp1 juta per bulannya atau Rp36 juta. “Untuk ini saja totalnya dalam sebulan sudah Rp520 juta, belum lagi untuk honor 3 panwas kabupaten, untuk biaya sewa kantor dan peralatannya, tenaga administrasi, dan kegiatan lainnya seperti pelantikan, sosialisasi dan juga ketika melakukan pengawasan saat memasuki tahapan kampanye.

“Pokoknya cukup untuk bayar honor saja. Kegiatan yang lain tidak tahu apakah bisa dengan dana yang hanya segitu, karena sampai dengan sekarang, kami masih belum ada kantor. Kemudian pelantikan panwas kecamatan dan lapangan tidak tahu kapan akan dilakukan. Selain dana yang sangat minim, kita juga belum tahu kapan dananya akan keluar. Yang jelas kita yakin dana yang sudah disahkan itu tidak cukup. Belum lagi kalau kita bicara pemilukada berjalan dua putaran, mana mungkin dana segitu cukup, yang paling kita takutkan adalah bahwa kegiatan panwaslukada tidak ada yang berjalan karena anggarannya tidak cukup,” keluhnya.

Baca Juga :  Mobil Masuk Jurang Di Kotanopan, Delapan Orang Tewas

Ketua DPRD Tapsel, H Rahmat Nasution SSos kepada METRO, Rabu (16/2) membenarkan bahwa anggaran panwaslukada Tapsel sebesar Rp750 juta sesuai dengan yang diusulkan oleh eksekutif dan tidak ada dipotong atau dipangkas oleh DPRD anggaran panwaslukada tersebut.

“Kita akui dengan medan dan lokasi Tapsel dengan 12 kecamatan, sekitar 246 desa, dan 36 kelurahan dengan lokasi yang sangat jauh ini, anggaran segitu memang saya pikir tidak cukup. Tapi itukan bukan kita yang usulkan. Soalnya yang diusulkan eksekutif itu Rp750 juta. Jadi ya kami sahkan langsung tidak ada dipotong lagi,” katanya. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*