Anggota Dewan Datangi PN P. Sidimpuan

Terkait dugaan korupsi Tunjangan Pendapatan Aparatur Pemerintahan Desa (TPAPD) Pemkab Tapanuli Selatan Tahun Anggran 2005 Rp 1.590.944.500, sejumlah anggota DPRD mendatangi gedung Pengadilan Negeri (PN) setempat, Senin (25/10).

Kehadiran anggota DPRD Tapsel yang diwakili Husin Sogot dan Harmeni Batubara SH diterima langsung Ketua PN P. Sidimpuan Musthofa SH diruang kerjanya.

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak menyepakati komitmen penegakan subremasi hukum khususnya dalam penanganan dugaan korupsi TPAPD Tapsel TA 2005 yang saat ini masih dalam proses persidangan.

“Pertemuan ini menghasilkan komitmen penegakan subremasi hukum khususnya dalam penanganan dugaan korupsi TPAPD Tapsel, “ujar Sogot kepada Analisa usai pertemuan.

Dikatakan, kedatangan mereka ini bertujuan untuk memberikan suport kepada PN P. Sidimpuan dalam penanganan kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dengan terdakwa pemegang kas sekretariat daerah setempat AT, 46.

“Kita minta agar proses persidangan nanti mampu mengungkap para oknum mantan pejabat Tapsel yang ikut menikmati uang hasil korupsi TPAPD ini, “ungkap Sogot aktivis reformasi 98 yang saat ini menjadi politikus muda DPRD Tapsel dari partai Gerindra itu.

Diharapkannya, proses persidangan nanti dapat mengungkap dan menyeret para oknum mantan pejabat Tapsel yang terlibat dugaan Tipikor ini.

Kantongi

Hal senada juga diungkapkan Harmeni Batubara SH yang bahkan berani menyebutkan, jika pihaknya telah mengantongi sejumlah nama mantan pejabat Pemkab Tapsel yang diduga ikut terlibat dalam kasus korupsi yang mencoreng nama baik Tapsel ini.

Baca Juga :  Jumlah Penduduk Miskin Di Sidimpuan Bertambah

“Sejumlah nama mantan pejabat Tapsel yang terlibat dalam TPAPD sudah kita kantongi. Kita siap beberkan jika diperlukan demi penegakan subremasi hukum didaerah ini. Jangan dong selalu pejabat rendahan yang menjadi kambing hitam, “katanya.

Ketika disinggung sejumlah nama tersebut Harmeni enggan menyebutkan karena khawatir bakal dapat menganggu jalannya prores persidangan yang masih dalam tahapan pemeriksaan saksi.

“Kita lihat dan pantau aja terus jalannya persidangan. Serahkan sepenuhnya kepada majelis. Saya yakin mereka akan mampu mengungkapnya. Kita juga akan proaktif memantau proses persidangan ini “terangnya.

Sedang mengenai tanggapan Ketua PN Musthofa SH dalam pertemuan itu Harmeni mengatakan, jika ketua PN menyambut positif dan memberikan apresiasi tinggi atas kedatangan anggota DPRD Tapsel tersebut.

“Ketua PN mengapresiasi tinggi dan menyambut positif kehadiran kita. “tuturnya.

Ditambahkan, seyogianya ketua PN akan dihadaiahi ayam jago oleh DPRD Tapsel, namun akhirnya dibatalkan karena berbagai pertimbangan. “Posisi majelis hakim itu bersifat pasif sesuai Tufoksinya. Kita tidak mau nantinya ayam jago ini diartikan sebagai salah satu bentuk intervensi Makanya kemudian pemberian hadiah itu kita batalkan “ujarnya. (hih)(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*