Anggota KPU Edi Potan Siregar : Sukses Pilkada Tapsel Bukti Kedewasaan Masyarakat dalam Berdemokrasi

Padangsidimpuan, Anggota KPUD Tapsel Divisi Sosialisasidan Pendidikan Ir Edi Potan Siregar mengatakan, kesuksesan Pilkada di Kabupaten Tapanuli Selatan, menandakan masyarakat daerah ini sudah dewasa dalam berpolitik.

“Kita harus memberikan apresiasi yang tinggi buat masyarakat Tapanuli Selatan dan kinerja aparat kepolisian, sehingga proses pelaksanaan pilkada di daerah ini berjalan tanpa ada gangguan yang mengkhawatirkan,” kata Ir Edi Potan saat, ditemui wartawan, Selasa (18/5).

Dijelaskan, seluruh elemen masyarakat, termasuk para kandidat harus memiliki tanggungjawab dan kewajiban moral bersama untuk menjadikan momentum pilkada ini sebagai proses pendidikan politik bagi masyarakat Tapsel. Berdasarkan hasil rapat pleno di KPUD Tapsel, penghitungan suara dari 12 panitia pemilihan kecamatan (PPK) hasilnya, suara sah 137.772 suara, pasangan nomor 4 SARASI memperoleh 61,157 atau sekitar 44,39 persen.

Urutan kedua pasangan nomor 3 Andar Amin Harahap-dr Badjora Siregar (ADAB) yang memperoleh 47.602 suara atau sekitar 34,55 persen. Kemudian pasangan nomor 5 Ongku P Hasibuan-Affan Siregar (HORAS) di urutan ketiga dengan meraih 24.710 suara atau 17,94 persen. Selanjutnya pasangan nomor 1 Syahlan Rivai Dalimunthe-Syamsul Harahap (HANDAL) di posisi 4 dengan raihan 2.435 suara atau sekitar 1,77 persen.

Di posisi kelima pasangan nomor 2 Syarbaini Harahap-Hotmatua Rambe (SAHATA) yang mendapatkan 1.028 suara atau sekitar 0,75 persen. Sementara di urutan terakhir pasangan nomor 6 Mustafa Nauli Harahap-Baleman Siregar (Nauli Basa) yang meraih 840 suara atau sekitar 0,61 persen. Sementara itu total jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pemilukada Tapsel sebanyak 175.076 dari 12 kecamatan se-Tapsel. Jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 622 TPS.

Baca Juga :  Harga Kursi CPNS di Sidimpuan dan Paluta Rp100 Juta

Sedangkan masyarakat yang menggunakan hak suaranya sebanyak 140.219 dengan suara sah sebanyak 137.772. Suara tidak sah sebanyak 2.069, dan warga yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 34.857, atau kehadiran warga dalam memilih yakni sekitar 88 persen.

Jumlah surat suara yang rusak atau keliru dicoblos sebanyak 1.114 lembar, jumlah surat suara yang tidak terpakai 140.381 lembar, jumlah surat suara yang diterima dari seluruh TPS sebanyak 179.453 lembar.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Tapsel Mustar Edi dan Edi Potan Siregar mengatakan, hasil penghitungan suara Pemilukada Tapsel sudah ditetapkan. Namun bagi para pasangan calon yang merasa keberatan untuk mengajukan keberatannya ke Mahkamah Konstitusi (MK) diberi waktu selama 3 hari, mulai 17-19 Mei.

Dalam penandatanganan berita acara pengitungan suara tersebut, hanya ditandatangani oleh pihak pasangan nomor 1, 2, 4 dan 6. Sedangkan pasangan nomor 3 dan 5 tidak menandatanganinya dikarenakan merasa keberatan. (ben)

Sumber: www.analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*