Anggota KPU Ir Edi Potan Siregar ; Pilkada Tapsel 2010, Harus di Jadikan sebagai Proses Pendidikan Politik Masyarakat

Padangsidimpuan, www.analisadaily.com

Anggota KPUD Tapsel Ir Edi Potan Siregar mengatakan momentum Pilakada Tapsel yang rencananya akan di gelar 12 Mei 2010 nanti, hendaknya dapat dijadikan sebagai proses pendidikan politik dan berdemokrasi bagi masyarakat.

“Pilkada ini adalah pesta demokrasi rakyat, kedaulatan itu penuh ada di tangan rakyat, untuk menentukan siapa pemimpinya sesuai dengan hati nurani masing-masing,” ujar Ir Edi Potan Siregar yang membidangi Divisi Sosilisasi dan Pendidikan KPUD Tapsel ini, Senin (15/2).

Pada Pilkada Tapsel nanti, Potan Siregar berharap akan berlangsung secara, fair, jujur, adil dan bermartabat, sehingga siapapun yang menang merupakan figur benar-benar pilihan yang dipercaya rakyat Tapsel untuk memimpin di kabupaten yang memiliki jumlah penduduk Tapsel sebanyak 275.701 orang, terdiri dari 138.882 laki-laki dan 136.819 perempuan ini.

Potan Siregar yang juga menjabat sebagai Ketua GP Anshor Tapsel ini, berharap agar masing-masing kandidat, dalam merebut simpati masyarakat, melakukan cara-cara yang elegan dengan menawarkan program strategis untuk mensejahterakan Kabupaten Tapsel yang memiliki kekayaan alam melimpah ruah ini. Karena dengan meraih simpati dengan cara menawarkan program dan kebijakan, kandidat telah memberikan pendidikan politik dan demokrasi secara benar kepada masyarakat Tapsel.

Momentum PIlkada ini juga diharapkan bagi masing-masing kandidat untuk dapat memberikan pencerahan politik kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya secara cerdas, bukan karena adanya imbalan atau iming-iming tertentu.

Dijelaskannya pulan, kecerdasan pemilih sangat menentukan kwalitas pemimpin Tapsel kedepan, oleh karena itu, Ia menghimbau masyarakat pemilih agar dapat menentukan hak pilihnya secara cerdas bukan karena iming-iming atau tekanan.

Ia juga berharap agar semua elemen masyarakat dapat menjaga suasana kondusif dengan mengutamakan falsafah dalihan natolu, sehingga meskipun terdapat perbedaan pilihan antara sesame masyarakat, tidak sampai menimbulkan perpecahan.

“Semua masyarakat Tapsel memiliki keterkaitan hubungan kekerabatan antara satu dengan yang lainnya, oleh karena itu jangan sampai perbedaan pandangan pada pilkada merusak tatanan kekeluargaan yang sudah terbina baik sejak dari dulu” tegas Potan Siregar lagi.

Enam Calon Akan Bersaing Setelah ditutupnya masa pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Tapsel priode 2010-2015, sebanyak enam pasangan calon sudah resmi mendaftar ke KPUD Tapsel yakni : Ir Ongku P Hasibuan MM (Bupati incumbent )/Affan Siregar SE (Sekdakab Tapsel) (HORAS) yang diusung 11 parpol antara lain Demokrat, PKS, PPD, Partai Gerindra, dll, dengan 17 kursi di DPRD Tapsel.

Pasangan Andar Amin Harahap-dr Badjora Siregar (ADAB), yang diusung 6 parpol natara lain PDP, PBR, PMB, dll, dengan jumlah 12 kursi, H Sahrul Martua Pasaribu,SH/ Ir H Aldinz Rapolo Siregar,MM (SARASI) yang didukung Partai Golkar, PPP, PAN dan Partai Kecil lainnya, seterusnya pasangan Ir Mustafa Nauli Harahap/Drs Baleman Siregar (NAULI BASA) yang didukung parpol non kursi di DPRD Tapsel antara lain, PPI, PNI Marhaenisme, dll.

Kemudian pasangan perseorangan yakni H Syahlan Rivai Dalimunthe/Drs H Syamsul Harahap dengan berkas dukungan sebanyak 15.950 orang dan pasangan Sarbaini Harahap SSos MSi/Haji Hotmatua Rambe SSos dengan berkas dukungan sebanyak 13.825 orang. (ben)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Anggota KPU Ir Edi Potan Siregar ; Pilkada Tapsel 2010, Harus di Jadikan sebagai Proses Pendidikan Politik Masyarakat facebook Anggota KPU Ir Edi Potan Siregar ; Pilkada Tapsel 2010, Harus di Jadikan sebagai Proses Pendidikan Politik Masyarakat twitter Anggota KPU Ir Edi Potan Siregar ; Pilkada Tapsel 2010, Harus di Jadikan sebagai Proses Pendidikan Politik Masyarakat linkedin Anggota KPU Ir Edi Potan Siregar ; Pilkada Tapsel 2010, Harus di Jadikan sebagai Proses Pendidikan Politik Masyarakat email Anggota KPU Ir Edi Potan Siregar ; Pilkada Tapsel 2010, Harus di Jadikan sebagai Proses Pendidikan Politik Masyarakat print Anggota KPU Ir Edi Potan Siregar ; Pilkada Tapsel 2010, Harus di Jadikan sebagai Proses Pendidikan Politik Masyarakat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*