Angkola Barat Juara Umum Festival Seni

Sipirok, (Analisa). Kecamatan Angkola Barat berhasil meraih juara umum Gebyar Festival Seni Budaya Tapanuli Selatan tahun 2014 di lapangan eks Pasar Sipirok, Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapsel, Minggu (18/5) malam.

Bupati Tapsel, Syahrul M. Pasaribu diwakili Asisten I, Hamdan Zein Harahap menyampaikan, kegiatan yang digelar DKDTS tersebut sangat bagus dan merakyat.

Gebyar Festival Seni dan Budaya Tapsel merupakan acara yang menggambarkan kehidupan masyarakat sehari-harinya.      Kegiatan seperti itu tidak cukup hanya digelar sekali setahun. “Sebaiknyalah digelar dengan awal melalui pembagian zona dari beberapa kecamatan, lalu pemenang tiap zona di adu lagi di acara puncaknya,” katanya.

Diharapkannya, dukungan bersama antara pemerintah dan DPRD dalam mengalokasikan anggaran dalam melestarikan, membina dan mengembangkan seni dan budaya Tapsel.

Ketua DKDTS, Fajaruddin Tanjung mengucapkan, terima kasih kepada Bupati Tapsel yang mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Sementara Camat Sipirok, Parlindungan Harahap mengungkapkan rasa terima kasih dengan menjadikan Kecamatan Sipirok selaku tuan rumah digelarnya acara.         Gebyar Festival Seni Budaya Tapsel tersebut, merupakan ajang promosi daerah dalam melestarikan seni dan budaya Tapsel sebagai nilai-nilai kearifan lokal, sehingga para pemuda termotivasi untuk mencintainya, dan juga dapat menghempang budaya asing.

Ketua Panitia Gebyar Festival Seni Budaya Tapsel, A. Sopian Pohan (Badek) melaporkan, kegiatan tersebut digelar selama 2 hari, Sabtu (17/05) dan Minggu (18/5) dengan 4 kategori yang diperlombakan yaitu Tari Kreasi, Tor-Tor Adat Naposo Bulung, Onang-Onang dan Suling (ungut-ungut, sitogol, onang-onang) dengan total hadiah Rp 40 juta.

Baca Juga :  Etnis Nias Tapsel Diminta Bangkit dari Ketertinggalan

Penyerahan hadiah dan piala bagi para pemenang lomba nantinya digelar di halaman Kantor Bupati Tapsel, Jalan Kenanga Kota P.Sidimpuan usai  upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2014. (hih)

analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*