Angkola Selatan Rawan Banjir dan Longsor

85776172c7408dccbbf661c0e3335a9fda919c3 Angkola Selatan Rawan Banjir dan Longsor
Sungai Aek Baringin di Kecamatan Angkola Selatan yang meluap beberapa waktu lalu. Musim penghujan, Angkola Selatan rawan banjir dan longsor.

Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan rawan bencana alam. Oleh karena itu, warga diimbau untuk waspada apalagi saat ini musim penghujan. “Kita mengimbau seluruh warga Angkola Selatan agar waspada khususnya saat musim hujan. Karena Angkola Selatan rawan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, yang sewaktu-waktu bisa menimpa masyarakat.

Contohnya banjir di Dusun Siboga Baru, Siburangir dan Kampung Lalang pada Jumat (11/3), serta tanah longsor beberapa waktu lalu. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun mengakibatkan kerugian materi yang tak sedikit,” kata Camat Angkola Selatan Hamdy S Pulungan SSos kepada METRO, Minggu (13/3) melalui telepon selulernya.

Dijelaskan Hamdy, Kecamatan Angkola Selatan merupakan daerah pegunungan dan memiliki banyak sungai. Selain itu banyak warganya yang bermukim di pinggiran pebukitan yang curam, sehingga setiap waktu bahaya selalu mengancam warga. “Makanya sekali lagi kita minta masyarakat Angkola Selatan untuk terus dan tetap waspada terhadap perubahan cuaca seperti hujan deras tiba-tiba yang bisa berdampak fatal jika kita lengah,” tegasnya.

Terkait jalan Batu Rosak yang tertimbun longsor pebukitan, Hamdy menuturkan, kondisi jalan tersebut saat ini sudah lancar dilalui kendaraan dan tidak lagi becek. Apalagi, seharian cuaca panas. Sementara itu kondisi rumah warga di Dusun Siboga Baru dan Siburangir, Kelurahan Simarpinggan, dan Dusun Kampung Lalang, Desa Perkebunan Marpinggan yang semula digenangi air akibat meluapnya Sungai Aek Baringin, saat ini sudah kering dari air dan lumpur. Begitu juga jalan di daerah tersebut. Warga terlihat sedang memperbaiki barang-barangnya seperti kandang ternak, dan menjemur barangnya yang basah seperti kursi, pakaian dan lainnya. (phn) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kadis PU & Bendahara Tapsel Tersangka

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*