Antara-RRI mulai siarkan hitung cepat pemilu

Jakarta (ANTARA News) – Hitung cepat (quick count) hasil pemungutan suara Pemilu Legislatif 2014, mulai disiarkan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara dan Radio Republik Indonesia (RRI).

Tayangan realtime itu tersaji dalam laman khusus pemilu Antara News sejak pukul 13.00 – 17.00 WIB, dengan tautan (link): http://www.antaranews.com/pemilu/quick-count

Pada waktu-waktu tertentu RRI akan menyiarkan dalam bentuk berita dan dialog dengan tiga pengamat, yaitu Effendi Gazali, Tjipta Lesmana dan Komaruddin Hidayat hingga proses hitung cepat ini selesai.

Menurut buku “Petunjuk Teknis Quick Count Pemilu Tahun 2014 LPP RRI”, metodologi yang digunakan multistage random sampling (MRS). Dengan metoda ini diharapkan dapat menghasilkan sampel yang representatif dari kerangka sampel pemilih nasional.

MRS yang digunakan memadukan dua teknik, yakni penarikan sampel stratifikasi (stratified random sampling) dan penarikan sampel klaster (cluster random sampling).

Direktur Program dan Produksi RRI M. Kabul Budiono dan Kabid Litbang RRI Agus Sukoyo mengatakan RRI mempekerjakan sekitar 2.000 sukarelawan nonpartisan partai politik ke berbagai tempat pemungutan suara yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Editor: Unggul Tri Ratomo

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*